5 Peluang Usaha Rumahan di Musim Hujan

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan oktober , maka tak pelak musim hujan pun akan tiba . Bahkan di beberapa daerah mungkin sudah ada yang mulai turun hujan dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia . Indonesia yang hanya memiliki dua musim yakni kemarau dan penghujan , bisa dimanfaatkan bagi sebagian orang untuk meraup rejeki musiman . Ya fenomena musim penghujan bisa dimanfaatkan untuk mengais rupiah yang hasilnya cukup memuaskan . Jika anda seorang yang ulet dan gigih menjalankan semua karir usaha , maka jangan sia-siakan musim penghujan yang akan datang .

artikel lainnya : jualan yang laku saat musim hujan

Beberapa orang merasa kesal dengan musim hujan lantaran pelataran rumahnya terkena banjir setinggi lutut orang dewasa , bahkan ada yang rumahnya hampir tenggelam karena hujan yang lebat tak kunjung reda . Seperti musim hujan awal tahun 2014 ini yang hampir semua wilayah di Indonesia mengalami musibah banjir , tidak hanya banjir besar di Jakarta namun semua kota di Indonesia mengalaminya . Disini kita tidak mau membahas musibah banjir yang menyisakan duka dan lara , akan tetapi membuka pikiran anda bahwa musim penghujan tidak selalu identik dengan musibah banjir , justru bagi sebagian orang bisa membawa berkah tersendiri .
Berikut ini adalah beberapa usaha rumahan di musim penghujan yang bisa anda tiru , inilah daftarnya :

•    Jual peralatan perlengkapan hujan

peluang bisnis di musim hujan
jual jas hujan

Payung , jas hujan , sepatu boot merupakan peralatan yang dibutuhkan oleh semua orang ketika musim hujan tiba . Mau berangkat ke kantor , berangkat sekolah pagi hari ketika hujan datang , mereka akan memakai jas hujan , sepatu boot untuk menghindari pakaian basah kuyup dari percikan air hujan . Permintaan akan peralatan perlengkapan hujan sangat tinggi manakala hujan sudah mulai turun setiap hari , hampir semua orang atau sebagian akan membeli peralatan hujan yang baru ketika musim itu datang .

•    Jual jagung bakar 

usaha rumahan musim penghujan
jual jagung bakar

Ada yang bilang musim hujan itu sama saja dengan musim jagung bakar , kenapa demikian ? karena di musim hujan cuaca sangat dingin , semua orang ingin merasakan kehangatan . Salah satunya ya dengan memakan yang panas-panas , contohnya jagung bakar . Untuk memulai usaha jualan jagung bakar sebetulnya cukup mudah , uang yang dikeluarkan untuk modal pun terbilang sedikit .
Perlengkapan yang wajib dimiliki oleh penjual jagung bakar ialah kipas tangan , arang untuk membakar jagung (bisa menggunakan drill oven kompor) , jagung mentah , margarin , kecap / saos untuk toping .

•    Usaha Laundry

Manakala hujan turun , tentu suasana mendung menyergap seketika di wilayah yang mengalami hujan . Bagi sebagian orang ini bisa menjadi masalah , terutama untuk menjemur pakaian . Banyak orang yang malas mencuci pakaian mereka ketika musim hujan tiba , mereka lebih memilih jasa pencucian pakaian atau laundry
untuk mengatasi masalah ini . Jadi , buat anda yang punya jiwa wirausaha , ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis musiman untuk mendulang rupiah .

•    Jualan makanan dan minuman penghangat badan

usaha rumahan saat musim hujan
jual mie rebus
Apa itu makanan dan minuman penghangat badan ? tentu saja makanan dan minuman untuk menghangatkan badan manakala musim hujan yang dingin itu datang . Makanan dan minuman penghangat contohnya mie rebus , nasi goreng , bajigur , teh , minuman jahe dsb . Pastinya makanan dan minuman ini laris manis diburu ketika musim hujan datang . Untuk membuka usaha makanan ini , anda tidak perlu modal banyak , cukup sediakan ruangan yang agak luas untuk dijadikan warung atau kedai serta modal untuk membeli bahan baku untuk pembuatan mie rebus , nasi goreng , bajigur , teh dsb .

•    Jualan buah durian dan rambutan

usaha rumahan durian
usaha jual durian

Buah durian dan rambutan adalah buah yang biasa kita jumpai saat musim penghujan tiba , lantaran di musim itulah buah durian dan rambutan panen . Tak ada salahnya anda mencoba menjual buah durian dan rambutan , toh ini juga usaha musiman yang tidak akan menjadi usaha selamanya . Biasanya penjual buah ini membeli ke agen buah – buah atau bisa mengulak ke beberapa wilayah yang terkenal dengan penghasil buah durian atau rambutan .

artikel : usaha rumahan toko sembako

Itulah 5 peluang usaha rumahan di musim penghujan yang bisa anda coba manakala musim penghujan datang . Ada pepatah bilang , sedia payun sebelum hujan tiba . Artinya persiapkanlah dengan matang saat merencanakan sesuatu agar hasil yang kita peroleh bisa lebih maksimal .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment