Gurihnya Usaha Rumahan Jual Gorengan

Siapa yang tak menyukai gorengan ? makanan ringan ini sangat digemari masyarakat Indonesia , terutama gorengan seperti tempe , tahu atau oncom . Rasanya kurang lengkap jika makan tanpa ada gorengan , gorengan tempe ataupun tahu biasanya dijadikan teman santap makan baik itu makan pagi , siang atau makan malam . Tak heran , jika komoditas ini menentukan hajat hidup orang banyak . Rasanya yang gurih , sedikit berminyak dan tentu renyah adalah jenis gorengan yang disukai , berbagai macam gorengan telah ada sejak lama , namun gorengan tempe , tahu atau pisang lah yang menjadi favorit .
usaha bisnis gorengan
gorengan tempe

Jika kita pergi ke pasar jajan atau melewati jalan raya , banyak sekali pedagang  gorengan seperti PISTETA (pisang  , tempe dan tahu) atau yang lebih ke Barat-Baratan seperti ayam goreng kentucky juga bisa dijumpai dari rumah makan mewah hingga pedagang kaki lima . Olahan makanan yang bisa digoreng pun semakin bervariasi , jika era 2000-an awal fenomena ayam kentucky mulai menjamur di kota-kota kecil , kini jamur , bakso pun ikut-ikutan digoreng . Tak hanya jamur , bakso saja yang digoreng namun berbagai olahan seperti makanan beku juga termasuk salah satu aneka gorengan yang disukai terutama anak-anak .

baca juga : usaha rumahan jual makanan beku

Terbesik dipikiran kita , mengapa jumlah pedagang gorengan di pinggir jalan begitu banyak ? apakah dagangan mereka laku semua ? yang jelas hukum ekonomi mengatakan dimana ada permintaan besar disitu pula ada persediaan yang besar , artinya kita tidak perlu takut untuk bersaing dengan pedagang gorengan lainnya karena yang membutuhkan (membeli) juga banyak . Jadi kebagian pembeli semua , kalau rejeki tidak bakal kemana (begitu pepatah mengatakan) .

Menjual aneka gorengan bisa dijadikan sebagai usaha rumahan yang menjanjikan , tak perlu membeli gerobak atau menyewa tempat kios di pinggir jalan untuk membuka usaha ini , cukup lakukan di rumah saja , toh pembeli juga bisa datang ke rumah anda apalagi jika rumah anda termasuk dikawasan ramai penduduk , pasti permintaan akan camilan ini sangat tinggi , namun sebelum memulai bisnis gorengan ini , ada baiknya anda mencari informasi tentang seluk beluk atau kiat untuk membuka usaha jualan gorengan , tak perlu kemana karena dibawah ini ada beberapa tips untuk membuka bisnis gorengan renyah .

•    Tempat penjualan

Untuk menjual bisnis aneka camilan gorengan ini sebenarnya tidak terlau repot , anda bisa menjual dimana saja dan kapan saja . Terlebih saat seperti ini seusai lebaran idul fitri , orang-orang cenderung lebih menyukai gorengan seperti tempe , tahu lantaran dalam satu bulan ramadan mereka terbiasa dengan makan makanan daging . Tak perlu pusing mau jualan dimana , yang penting asal disitu ada keramaian maka disitulah tempat anda berjualan .

baca juga : usaha rumahan bakso bakar

Jika anda memilih untuk berjualan di luar rumah , maka anda perlu gerobak dorong atau bisa menyewa kios . Akan tetapi , perlu anda ingat bahwa  beberapa tempat keramaian itu dilarang berjualan oleh pemda setempat sehingga harus dipatuhi . Misalnya larang berjualan di area Taman Bungkul Surabaya karena Pemda setempat telah menyediakan arena pasar di kawasan taman , jadi jangan menerobos rambu-rambu peraturan pemerintah jika Anda tidak ingin digusur . Alasan orang enggan berjualan di tempat yang disediakan pemerintah biasanya tempat tersebut sepi pengunjung atau susah dijangkau , maka pandai-pandailah mencari tempat .

•    Menggoreng dengan sehat

Kok menggoreng dengan sehat ? apa hubungannya , jelas ada hubungannya . Ini adalah bisnis makanan , dan makanan erat kaitannya dengan sistem pencernaan manusia . Jangan tergiur dengan untung besar , anda menghalalkan segala cara untuk meraup keuntungan berlipat dengan cara menggoreng makanan namun minyaknya dicampuri dengan lilin atau plastik agar minyak tak cepat habis dan gorengan renyah dimakan .
bisnis gorengan tahu
menggoreng tahu

Gunakanlah minyak yang nol kolesterol untuk menghindari lemak jenuh menumpuk pada gorengan , dan usahakan minyak yang sudah berwarna kehitaman untuk segera diganti dengan minyak yang baru . Tiriskan gorengan pada tisu dapur , jangan menggunakan kertas koran karena koran mengandung tinta warna dan akan luntur jika terkena cairan .

•    Peralatan menggoreng

Peralatan menggoreng tentu semua orang sudah tahu , bukan ? ya peralatan menggoreng seperti wajan besar , kompor gas , serok untuk mengangkut gorengan dari wajan yang panas , minyak goreng , plastik kresek . Sediakan pula cabai rawit yang banyak karena rasanya kurang pas jika makan gorengan tidak ditemani cabai rawit , jika anda enggan dengan cabai rawit bisa juga diganti alternatif lain seperti saos sambal .

•    Modal yang perlu dikeluarkan

Kira-kira berapa modal yang perlu kita keluarakan untuk memulai bisnis gorengan ini , nah blog onlinerumahan.blogspot.com mengulasnya dibawah ini :
-    Modal Pertama
-    Beli gerobak (jika berjualan diluar rumah) Rp 400.000
-    Beli tepung , tempe , tahu Rp 150.000
-    Gas 3 Kg dan Kompor gas Rp 150.000
-    Wajan , serok , plastik Rp 150.000
Total 850.000
-    Modal sehari-hari
-    Beli tepung , tempe , tahu Rp 75.000
-    Gas 3 Kg Rp 14.000
-    Minyak goreng 500 Ml Rp 20.000
-    Plastik dan tisu Rp 10.000
Total 119.000

baca : peluang usaha di pinggir jalan

Modal awal sekitar 850.000 rupiah dan biaya operasional harian sekita 119.000 , asumsi jika anda menjual gorengan seharga 750 rupiah  dan setiap hari laku menjual berkisar 250 gorengan , berapa keuntungan yang diperoleh ?
-    Omzet harian 250 @ Rp 750 = Rp 187.500
-    Profit Rp 187.500 – Rp 119.000 = Rp 68.500
-    Profit dalam satu bulan 30 hari x Rp 68.500 = Rp 2055000
Hasil yang lumayan bukan 2 juta rupiah dari berjualan gorengan ? tentunya keuntungan diatas hanyalah perkiraan semata, pendapata yang bisa anda peroleh bisa lebih besar atau lebih kecil tergantung bagaimana respon pembeli dan juga rejeki anda . Itulah gurihnya usaha rumahan jual gorengan yang bisa anda jadikan referensi untuk mengembangan atau memulai bisnis .
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
4 September 2015 at 16:00 ×

Mau usaha kuliner kamu makin banyak dikenal? Coba gunakan take away box Greenpack. Dapat dibranding dengan desain yang unik lho. Informasi selengkapnya anda dapat mengunjungi link berikut ini http://www.greenpack.co.id/

Selamat Greenpack dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment