3 Usaha Sampingan Untuk Anak Kost

Menjadi anak kos dengan beragam profesi tentunya memiliki pengalaman tersendiri yang tak bisa dilupakan . Minim sarana dan prasarana untuk menunjang aktifitas keseharian seperti peralatan untuk memasak , mencuci pakaian , mengerjakan tugas di kampus . Ada berbagai macam alasan kenapa orang itu menyewa kamar sebagai tempat tinggal , bagi mereka yang mencari ilmu atau bekerja di luar kota , menyewa kamar adalah hal mutlak untuk melepas penat karena seharian telah beraktifitas .

Menjadi mahasiswa perantauan di luar kota jauh dari keluarga , merupakan sensasi tersendiri yang tidak semua orang bisa merasakan . Jika anda bekerja di luar kota , biasanya sudah disediakan kamar-kamar bagi pekerja yang diberikan secara gratis oleh pihak tempat ia bekerja . Namun untuk mahasiswa , mereka harus menyewa kamar sendiri dengan kocek mereka . Bagi anak-anak yang memiliki orang tua berkecukupan , tentu tidak ada masalah dengan keuangan . Mau beli segala hal yang berkaitan dengan kebutuahan pribadi atau kelompok bisa terpenuhi hanya dengan merengek ke orang tua . Beda halnya dengan anak dari golongan orang tua menengah kebawah yang memiliki perekonomian terbatas , sang anak harus berpikir kreatif untuk mendulang rupiah .

baca juga :Usaha Rumahan Untuk Mahasiswa

Bagi mahasiswa perantauan luar kota , dan saat ini sedang dirundung masalah perekonomian / keuangan atau ingin membantu meringankan beban orang tua , ada baiknya anda mencoba bisnis sampingan untuk anak kost . Di kompleks-kompleks kos-kosan seringkali ada berbagai macam persoalan yang bisa mendatangkan uang jika anda pandai mencari persoalan tersebut dan memberikan solusinya . Permasalahan seperti anak kos malas pergi ke warung untuk beli makanan atau lauk , malas mencuci baju , malas menulis pelajaran di kampus dll bisa anda jadikan lahan bisnis sampingan untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda .

Nah,berikut ini adalah bisnis sampingan untuk anak kost yang patut anda coba , diantaranya :

1.    Menyewakan printer

usaha sampingan anak kost
menyewakan printer

Beruntung sekali jika anda mempunyai printer di kamar kos , manfaatkan alat tersebut agar menjadi uang . Caranya bagaimana ? gampang , banyak mahasiswa yang memiliki perangkat pc atau laptop namun tidak dilengkapi dengan printer . Alasan mengapa mahasiswa tidak memiliki printer bukanlah pada harganya , namun bagaimana dengan perawatan . Umumnya , mahasiswa yang bukan berasal dari jurusan IT / komputer enggan untuk memiliki printer sendiri lantaran perawatan yang susah (pengisian tinta printer ).

Dengan banyaknya tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa setiap harinya dan biasanya tugas tersebut tak jauh dari kebutuhan akan mesin printer , maka jasa penyewaan printer akan diburu . Penyewaan disini bukan berarti printernya dibawa oleh tiap mahasiswa yang menyewa , namun lebih ke jasa pencetakan perhalaman / kertas , umumnya 1 kertas A4 yang dicetak diharga berkisar antara 300-1000 rupiah tergantung tingkat warna yang dipakai . Jika semakin banyak warna yang dikandung tentu akan mahal , namun jika sebaliknya yakni hitam saja maka harganya relatif lebih murah .

2.    Jasa membelikan makanan

peluang usaha sampingan anak kost
jasa beli makanan

Seperti yang saya utarakan diatas , permasalahan anak kost terutama mahasiswa rantau adalah malas untuk membeli makanan baik itu untuk sarapan pagi atau makan malam . Jika anda orang yang rajin , cobalah tawarkan jasa pembelian makanan kepada teman satu komplek kost anda . Umumnya mereka akan senang jika ada jasa seperti ini  , pengalaman saya pribadi dulu jasa seperti ini laris manis namun pelakunya bukan mahasiswa itu sendiri melainkan pemilik kos.

Untuk menjadi jasa pembeli makanan , anda dituntut untuk menguasai medan pertempuran . Dalam hal ini mengenal semua warung makan disekitar tempat kos anda , dengan mengenal semua warung makan maka anda bisa memberikan saran harga murah kepada anak kos yang menyewa jasa anda . Tentu selain mereka terbantu karena tak perlu repot beli makanan ke luar kamar , mereka juga terbantu dengan adanya pilihan harga yang cukup kompetitif .

3.    Jasa pengetikan pelajaran mata kuliah 

ide usaha sampingan anak kost
jasa penulisan mata kuliah

2014 bukan jaminan tata cara perkuliahan itu semakin canggih , kenyataanya ada beberapa dosen atau pengajar di kampus-kampus ternama di Indonesia yang masih menggunakan cara lama dalam mentransfer ilmu kepada anak didiknya  . Cara lama tersebut adalah dengan menyuruh mahasiswa untuk menulis tiap materi yang disampaikan pengajar lalu pada akhir semester dikumpulkan sebagai bagian penilaian tahap akhir .

Tentunya bagi mereka mahasiswa pemalas, tentu tidak akan mencatat toh dosen juga tidak menyuruh mereka untuk mencatat , namun pastinya ada minggu-minggu perkuliahan dimana mahasiswa disuruh untuk mengumpulkan catatan mereka mirip ketika waktu SD dulu , nah jika anda memiliki catatan yang lengkap dan tulisan yang rapi , ini bisa dijadikan modal untuk menangkap peluang bisnis penulisan mata kuliah . Anda bisa mematok tarif sesuka hati , namun jangan sampai memberatkan .

Itulah 3 bisnis sampingan untuk anak kost yang patut anda coba , 3 bisnis sampingan diatas lebih ditujukan kepada mahasiswa lantaran prospek persoalan dalam lingkungan sekitar kampus jauh lebih tinggi daripada anak kos yang bekerja di pabrik atau perusahaan .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment