Lezatnya Usaha Rumahan Jual Bakso Bakar

Bakso bakar merupakan varian dari bakso biasa yang biasa kita santap dengan kuah dan mie kuning ,  namun dalam penyajiannya tidak menggunakan kuah melainkan dibakar layaknya sate . Rasanya yang enak dan gurih karena mengandung daging sapi menjadikan makanan ini sebagai hidangan ringan yang bisa kita santap kapan saja dan dimana saja . Biasanya bakso bakar dijual di angkringan pinggir jalan ataupun kedai-kedai warung kecil baik itu di area wisata kuliner ataupun pinggir jalan dekat dengan pasar .
usaha rumahan bakso bakar
bakso bakar dan sate bakar

Penyajiannya yang unik yakni dengan ditusuk lalu dibakar , menjadikan bakso bakar sebagai varian cara lezat menyantap bakso masa kini . Bagi anda yang ingin membuka usaha rumahan makanan , tak ada salahnya jika melirik olahan makanan ini , karena selain rasanya lezat dan enak , peminatnya juga bervariasi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa . Harganya yang murah sehingga bisa dibeli banyak orang tak peduli latar belakang ekonomi , pekerjaan , status sosial serta permodalan yang kecil menjadikan alasan kuat untuk anda yang ingin menjalankan usaha rumahan makanan .

baca juga : gurihnya usaha rumahan jual gorengan

Untuk membuat bakso bakar , sebenarnya mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang tinggal anda niat untuk membuatnya atau tidak . Proses pembuatan bakso bakar ini sama halnya dengan bakso biasa , yakni proses perebusan dan proses pembakaran (ditusuk – tusuk terlebih dahulu pastinya) . Sedangkan bahan-bahan untuk membuat bakso bakar ini terbilang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional sehingga anda tidak perlu pusing mencari bahan-bahan dasar yang seringkali pada beberapa makanan olahan tertentu harus dibeli di supermarket .

usaha rumahan bakso bakar menjanjikan
bahan dasar bakso bakar

1.    Tepung terigu seberat +/- 50 g
2.    Daging sapi cincang +/- 500 g (bisa menggunakan varian lain misal ayam , udang , tengiri)
3.    Air untuk merebus bakso secukupnya
4.    Telur ayam
Sedangkan untuk bumbu untuk penyedapnya adalah berikut ini
•    Garam
•    Merica bubuk
•    Pala ½ sendok teh
•    Bawang putih secukupnya
•    Kaldu bubuk / padat perisa daging sapi ¼ sendok teh
Untuk bahan pengoles pada bakso bakar yakni cukup margarin dan kecap manis(pedas juga boleh) , untuk menghidangkan bakso bakar yang telah matang bisa anda tambahkan acar mentimun , lontong (untuk santap berat) dan juga saus kacang sebagai sambalnya .
Untuk proses pembuatan tahap akhir bakso bakar , yakni sebagai berikut :
•    Bumbu penyedap dihaluskan terlebih dahulu
•    Aduk semua bahan dasar untuk bakso dan bumbu penyedap menjadi satu , air tidak dimasukkan karena hanya untuk proses perebusan saja .
•    Aduk semua bahan yang sudah dicampur jadi satu hingga menjadi adonan yang lembut dipegang , caranya banting-banting adonan tersebut dalam waktu cukup lama .
•    Setelah adonan jadi , bulat-bulat lah hingga menjadi butiran bakso . Untuk ukurannya sesuai selera  , namun ada baiknya menyesuaikan dengan ukuran yang sudah ada apabila hendak dijual .
•    Siapkan air mendidih untuk merebus bulatan bakso yang sudah dibuat .
•    Angkat dan tiriskan bakso yang sudah matang , cara mengetahui bakso matang atau tidak yakni dengan melihat bakso sudah terapung atau belum . Jika bakso yang direbus sudah mengambang keatas maka itu sudah matang , jika tidak berarti belum matang .
•    Siapkan tusuk sate , lalu tusuk bakso dengan tusuk sate tersebut . Umumnya dalam satu tusuk sate terdiri dari 3-4 bakso (tergantung dari ukuran) , anda bisa menyesuaikan sendiri .
•    Bakar bakso yang sudah ditusuk tersebut kedalam api yang menyala , sembari dioles margarin dan kecap dan dibolak balik agar matangnya merata .
•    Jika sudah berubah warna kekuningan pada bakso berarti sudah matang , bakso siap dihidangkan dengan lontong , acar mentimun dan saos kacang
•    Taruh kedalam piring untuk dihidangkan .
Itulah cara pembuatan bakso bakar yang bisa anda coba di rumah , dan jika anda berhasil membuatnya maka anda bisa menantang diri anda sendiri untuk berjualan bakso bakar entah itu di rumah , di pinggir jalan , buka warung sederhana dan sebagainya . Tentunya jika bakso bakar yang anda buat itu rasanya enak , banyak orang yang suka tak perlu menunggu lama untuk memulai usaha rumahan makanan ini karena sejatinya anda sudah bisa .
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
26 December 2014 at 11:07 ×

Ide peluang usaha yang mantap,,,terimakasih atas sharing ilmu dan pengalamannya sob,terima kasih.

Selamat Peluang Usaha dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment