Usaha Rumahan Menjanjikan di Desa

Usaha rumahan identik dengan kawasan padat penduduk atau rumah yang berada di pinggir jalan yang notabene banyak orang berseliweran melewati rumah . Apa jadinya jika usaha rumahan masuk ke desa ? saya anggap itu bisa dilakukan . Orang desa tak selalu harus menjadi petani di sawah . Jika kita kreatif , ladang bisnis di rumah pun bisa dikerjakan asal anda tahu caranya . Memang , banyak orang yang skeptis terhadap profit yang bisa dihasilkan dari rumahan di desa . Karena di desa jumlah penduduknya lebih sedikit daripada di kota , tapi apa betul begitu ?

Yang namanya rejeki itu tidak bakal kemana , anggapan ini wajib dipegang teguh oleh para pebisnis baik itu yang di kota atau di desa . Karena jika tidak , maka kita sendiri  yang akan malas untuk memulai , pasrah dengan keadaan . Bukan berarti orang yang di desa tidak bisa punya penghasilan besar setara orang gedongan , begitu juga orang kota bisa jadi pendapatannya kaya orang di desa malahan jauh lebih kecil karena di kota harga makanan dan sebagainya mahal-mahal sedangkan kerja di kota kalau Cuma jadi buruh atau karyawan pabrik ya tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari , syukur kalau pas , nah kalau kurang bisa berabe bukan .


Sebelum menentukan jenis bisnis rumahan yang cocok untuk dilakukan di desa , ada baiknya anda mempelajari adat dan budaya di desa . Karena di desa masih kental nuansa adat kebudayaan yang terkadang melarang atau menganggap sesuatu hal yang baru itu tabu . Salah satu adat budaya kuno yang masih dipegang orang Indonesia adalah menolak adanya kebudayaan asing yang masuk ke desa . Misalnya saja teknologi internet , di berbagai pelosok di Indonesia masih banyak yang belum menerima akses internet , karena selain kondisi yang kurang memungkinkan untuk pemerataan fasilitas , adanya peraturan oleh ketua adat yang melarang budaya asing juga menjadikan keterhambatan internet masuk .

Ketua adat biasanya mempunyai andil yang cukup besar terhadap kelangsungan budaya di daerah yang ia pimpin . Alasan yang paling klasik dan mungkin perlu ditiru oleh siapapun yang ingin menjaga kelestarian budaya setempat yakni melarang semua hal yang berbau modern , Barat masuk ke desa karena akan melunturkan nilai-nilai budaya yang sudah dipegang sejak jaman dahulu . Beberapa wilayah di Indonesia masih menganut budaya transaksi barter , dimana saat wilayah kebanyakan menggunakan uang sebagai alat pembayaran yang sah.

Berikut ini daftar peluang usaha rumahan menjanjikan di desa yang kemungkinan tidak melanggar aturan – aturan budaya setempat , peluang usaha ini sebaiknya dijalankan di desa yang tidak terlalu tertinggal seperti di wilayah pedalaman kalimantan atau papua . Peluang bisnis berikut cocok untuk desa yang sudah maju atau berkembang karena mereka akan paham bagaimana model bisnis yang anda lakoni .

1. Usaha Rumahan Membuka Warnet

Usaha Rumahan Menjanjikan Buka Warnet
usaha rumahan membuka warnet

Ini adalah salah satu contoh model usaha rumahan yang cocok diterapkan di pedesaan , mengingat jumlah penetrasi warga yang bisa mengakses internet di rumah masih sedikit . Jika di perkotaan masyarakat bisa mengakses internet secara mudah dan dimana saja , tidak halnya dengan di pedesaan , masyarakat kota bisa mengakses internet via ponsel pintar saat berada dimana saja asal terkoneksi dengan jaringan seluler , mau berangkat sekolah pasti yang jadi incaran utama facebook atau twitter , saat jam istirahat kantor baca-baca portal berita via mobile device .

Beda jika keadaan kita di kampung , mau mengakses internet ya harus ke warnet , atau kalau punya duit banyak sediakan saja laptop atau komputer lalu berlangganan internet kabel yang disediakan oleh jasa penyedia internet . Tapi orang yang demikian itu sedikit , karena mereka harus dipusingkan dengan biaya bulanan yang tak murah , berbeda dengan internet mobile yang saat ini harganya murah-murahan . Nah , keadaan inilah yang menjadikan usaha membuka warnet di desa menjadi lahan bisnis yang menjanjikan untuk saat ini . Apalagi demam sosial media masuk desa , pastinya banyak yang mengakses situs-situs sosial media lewat warnet .

2. Usaha Rumahan Membuka Rental PS

Usaha Rumahan Menjanjikan Membuka Rental PS
usaha rumahan membuka rental ps
Mungkin rental playstation sudah ada sejak dari dulu ya sejak era PS2 beredar di Indonesia , banyak rental-rental PS bertebaran dari kota hingga pelosok mulai dari PS1 hingga PS3 sudah ada semuanya , tinggal pilih game mana yang sekiranya cocok untuk dimainkan . Mengenai usaha rental PS ini , ada baiknya memahami karakter konsumen dalam hal ini anak-anak sd hingga smp atau bahkan dewasa dalam memainkan game PS . Pengetahuan akan game-game baru menjadi daya menarik sendiri mengingat bisnis ini adalah bisnis hiburan .

Jika masyarakat bosan dengan jenis permainan olahraga seperti sepak bola , cobalah melengkapi dengan kepingan-kepingan dvd permainan bergenre FPS , RPG agar para penikmat rental anda tak lari ke pemiliki lain atau justru memiliki sendiri di rumah . Karakter kebersamaan yang dipegang teguh oleh masyarakat pedesaan inilah yang menjadikan usaha rental PS bisa diterima dengan baik karena bisa main ramai-ramai terkadang bisa sampai semalam suntuk .

Untuk permulaan memulai bisnis rental PS ini dibutuhkan biaya yang cukup besar , karena anda harus menyediakan setidaknya 3-5 buah PS (sebaiknya PS2) begitu juga dengan TV (TV CRT ukuran 21inchi) , jika ditaksir kira-kira anda harus mengeluarkan :

  •     3 x 1.100.000 = 3.300.000 (untuk pembelian unit PS2 3 buah)
  •     3 x 1.500.000 = 4.500.000 (pembelian unit TV CRT 3 buah)

Tarif perjam yang bisa dipatok berkisar diangka 3rb hingga 5rb rupiah , jika dalam satu hari satu mesin dipekerjakan 4jam dan semuanya jalan berarti total 12jam maka keuntungan yang diperoleh dalam sehari kurang lebih 40rb-an , lebih dari cukup untuk ukuran pedesaan .

3. Usaha Rumahan Diversifikasi Bisnis

Apa yang dimaksud diversifikasi bisnis ? diversifikasi bisnis ialah membuat percabangan bisnis yang sudah ada kemudian dilebarkan lagi dengan menambahkan jenis bisnis baru . Diversifikasi ini juga bisa dijadikan andalan bagi anda yang sudah mempunyai bisnis . Jika ingin menambah pundi-pundi uang , maka cara yang terbaik dengan menambahkan alternatif bisnis lain .

Salah satu contoh kongkrit , jika membuka usaha rental ps maka sediakan pula dengan minuman atau snack . Karena para pelanggan anda akan bermain berjam-jam lamanya , apabila tidak ada minuman atau makanan ringan pasti rasanya kurang seru .Oleh karenanya dengan menjual minuman atau makanan cemilan pasti membuat pundi-pundi uang akan lancar dan bertambah .

4. Usaha Rumahan Membuka Toko Kelontong

Usaha rumahan Menjanjikan buka toko kelontong
usaha rumahan membuka toko kelontong
 Membuka toko kelontong di desa juga merupakan ide bagus , mengingat akses warga ke pertokoan besar macam supermarket atau minimarket sangatlah susah . Dengan menyediakan berbagai macam produk keperluan sehari-hari seperti beras , gula , mi instan , sabun , aneka tepung , makanan ringan , minuman pasti banyak yang membeli . Meskipun warga pedesaan daya belinya rendah tapi jika waktu panen tiba mereka akan memborong semua dagangan kita , dan sepatutnya kita lumrah akan hal ini karena tipikal pekerjaan di pedesaan itu bertani bukan menjadi buruh atau karyawan pabrik .

Itulah beberapa contoh usaha rumahan menjanjikan di desa , semoga bagi anda yang sedang mencari ide bisnis bisa terinspirasi dari 4 contoh diatas .

Dapatkan Info Bisnis Rumahan Lainnya dengan Follow akun Line@ Kami ya :) 

@bxv8593v

Previous
Next Post »

7 comments

Click here for comments
22 July 2015 at 09:08 ×

Thanks info nya gan, sangat bermanfaat.

Balas
avatar
admin
10 August 2015 at 19:16 ×

Tanks info n tips nya

Balas
avatar
admin
5 November 2015 at 23:45 ×

Artikelnya sanagat menarik. Thanks for share

Balas
avatar
admin
10 January 2016 at 11:35 ×

Kalau usaha rental PS bagus gan, ditempat saya ramai terus, keren-keren lagi layarnya LC yang besar

Balas
avatar
admin
28 January 2016 at 23:37 ×

Setuju gan, kebetulan juga baru nulis artikel dengan topik bisnis rumahan. Salam kenal

Balas
avatar
admin
2 August 2016 at 20:59 ×

Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ustazd hakim,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti apapun saran beliau syukur alhamdulillah Cuma 3 hari uang 5m yg saya minta itu terlihat jelas di depan mata saya sekarang saya bisa sukses seperti ini bisa beli rumah usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ustazd hakim berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ustazd hakim di nmr 082281871557 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment