Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Usaha rumahan merupakan jenis usaha yang sangat mempunyai potensi luar biasa di Indonesia . Dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa , masih sedikit jumlah pengusaha yang ada di Indonesia . Kebanyakan dari masyarakat kategori usia produktif lebih memilih untuk bekerja di perusahaan baik itu menjadi buruh , karyawan , pegawai . Ada juga sebagian yang lebih memilih menekuni profesi Kepegawaian dengan menjadi aparat kepolisian , pegawai pemerintahan , guru negeri , dosen PTN .

Namun , semua jenis pekerjaan yang saya sebutkan diatas merupakan pekerjaan “cari aman” dimana Anda tidak akan bisa berkembang dalam hal ini keuangan karena metode yang didapatkan dalam hal mencari uang adalah gaji bulanan/mingguan dan sifatnya permanen tidak fluktuatif . Jika anda seorang ibu rumah tangga , ataupun bapak-bapak , adik-adik remaja putri / putra yang ingin memperoleh penghasilan setiap hari tanpa harus keluar rumah , maka Anda berada di blog yang tepat .

artikel terkait : bisnis online ibu rumah tangga

Jika saat ini anda sebagai ibu rumah tangga yang ingin membantu suami dalam hal membantu perekonomian keluarga , namun tidak mau terbentur dengan tugas wajib sehari-hari , maka usaha rumahan sangat cocok untuk digeluti mengingat jam operasional dari usaha jenis ini sangat fleksibel dan Anda bisa bebas menentukan berapa profit keuntungan sendiri . Memiliki usaha merupakan sebuah idaman bagi semua orang tak terkecuali ibu rumah tangga bahkan yang sudah punya anak sekalipun . Tapi , dari mereka hanya sebatas angan-angan yang tak mampu diwujudkan karena berbagai alasan , salah satu alasan yang paling mendasar adalah ketakutan akan gagal dalam menjalankan usaha yang digelutinya . Berikut ini merupakan contoh usaha rumahan ibu rumah tangga yang patut anda coba jika ingin menggeluti dunia usaha tanpa keluar rumah .

1. Usaha Olahan Makanan

 Setiap orang pasti suka makan , bahkan orang yang tak punya selera makan pun tetap wajib makan setiap hari agar tubuhnya tetap dalam keadaan sehat dan fit . Jika Anda seorang ibu yang cerdas dan pandai mengetahui pasar sekitar , maka jenis usaha olahan makananan ini juga merupakan usaha yang cocok sekali untuk ibu rumah tangga , apalagi jika seorang yang hobi memasak . Tak ada salahnya kan mencoba ?
usaha rumahan ibu rumah tangga
usaha rumahan kuliner

Untuk membuka usaha olahan makanan ini tidak membutuhkan biaya yang cukup besar dan juga tidak perlu menyediakan tempat yang luas . Di halaman depan rumah atau tidak ada sama sekali pun tetap bisa dijalankan . Contohnya anda bisa membuat kue kering/basah , membuka warung soto/bakso/masakan jadi, menjadi tukang masak di rumah-rumah .  Kembangkan imajinasi anda mengenai olahan masakan , karena inilah daya jual usaha anda . Cobalah untuk mempraktekkan resep masakan yang diperoleh dari buku masakan atau dari hasil tutorial di internet atau tv .

2. Usaha Tailor

Ini bukan usaha untuk menyewa penyanyi asal Amerika Taylor Swift untuk menyanyi di rumah Anda lalu anda mendapatkan uang dari tiket penonton ya . Usaha taylor atau jasa menjahit pakaian sangat cocok untuk usaha rumahan dengan modal kecil . Jika sudah mempunyai ketrampilan menjahit , tinggal membeli mesin jahit yang baru/bekas layak pakai , dan tawarkan jasa ini ke teman-teman atau ibu-ibu arisan maka anda sudah bisa memulai menggeluti usaha ini .
usaha rumahan ibu rumah tangga
usaha rumahan tailor

Jika anda belum mempunyai ketrampilan menjahit , bukan berarti anda tak bisa menjalankan usaha ini . Rekrut karyawan yang pandai menjahit dan iklankan jenis usaha anda ke khalayak ramai , maka pundi-pundi uang pun akan mengalir .Untuk menunjang lancarnya usaha , dibutuhkan strategi marketing yang bagus mengingat usaha jahit pakaian ini sudah banyak dilakukan dan jika tidak ada nilai tambah maka bisa dipastikan prospek usaha ini akan berjalan lamban .

3. Usaha Laundry

usaha rumahan ibu rumah tangga
usaha rumahan laundry

Jika anda tinggal dikawasan padat kost-kost an mahasiswa atau pekerja , usaha mencuci pakaian atau biasa disebut laundry bisa dijadikan usaha yang sangat menjanjikan . Taruhlah jika dalam sehari ada 2-5 orang yang menggunakan jasa anda , dan setiap orang mencucikan pakaiannya sekitar 2-3 Kg beratnya , 1 Kg dipasang tarif berkisar 10rb berarti dalam sehari bisa mendapatkan antara 20rb – 150rb rupiah dengan jam operasional kerja tak sampai 8 jam . Untuk mendukung lancarnya usaha ini , tawarkan jasa anda kepada orang-orang yang lewat dengan selebaran pamflet , atau bisa membuat iklan baris dikoran-koran dan pasanglah tarif yang sesuai dengan pasaran tidak boleh rendah dan tidak boleh mahal .  Usahakan jangan sampai pelanggan merasa kecewa gara-gara pakaiannya tercampur atau tertukar dengan pelanggan lain karena ini menyangkut masalah kebutuhan pokok orang .

4. Usaha Menjadi Guru Les

usaha rumahan ibu rumah tangga
usaha rumahan les privat

Jika disekitar rumah anda banyak anak-anak usia SD dan mereka suka sekali dengan kegiatan belajar karena merasakan jam belajar di sekolah terlalu singkat , maka anda bisa menawarkan jasa sebagai guru Les atau privat . Jangan menarget usia anak SMP atau SMA , karena beban pelajaran yang dipelajari cukup sulit dan tentunya anda akan merasa terbebani jika setiap hari harus mempelajari tiap bab yang harus diajarkan . Berbeda dengan pelajaran anak SD yang biasanya masih mudah dan tentunya ini akan melatih anda mengajarkan pelajaran kepada buah hati . Tapi jika anda menguasai materi pelajaran SMA atau SMP dan tidak merasa terbebani , tangkap peluang saja toh ini juga masalah keuangan bukan ? Tentunya menjadi tenaga pendidik dibutuhkan kesabaran ekstra karena setiap anak memiliki kapasitas otak yang berbeda-beda dan ini berpengaruh pada efektif atau tidaknya dalam hal penyerapan informasi yang diberikan oleh Anda .

5. Usaha Jualan Online

usaha rumahan ibu rumah tangga
usaha rumahan jualan online

Ini adalah usaha yang sedang ngetrend di jaman yang serba digital . Jika anda punya produk yang bisa dijual , cobalah untuk menjual secara online . Karena dengan online , uang yang dikeluarkan untuk kelancaran usaha jauh lebih sedikit ketimbang membuka toko untuk menjual produk . Produk  yang bisa dijual secara online tentunya produk  yang bisa dikirimkan via ekspedisi kurir , contoh produk yang biasa dijual diranah online umumnya seputar fashion (baju gamis) , aksesoris , tas , sepatu , peralatan bayi , peralatan memasak , perangkat elektronik seperti ac mini portable . Intinya produk tersebut tidak berukuran terlalu kecil dan tidak terlalu besar , terlalu kecil misalnya anting , baut , sekrup sedangkan terlalu besar seperti batu bata , pasir .   Kenapa ini tidak dibolehkan ? karena jika dikirimkan via kurir akan sangat berat dalam hal ini ongkos kirim yang dikeluarkan pembeli . Misalnya jualan pasir , nah mau dikirimkan via JNE tentu tidak bisa , mau kirim sekrup yang kecil-kecil seperti itu ? ehmm takut hilang .

6. Usaha Dropship

Ini sama dengan nomor 5 , tapi anda tidak perlu stok barang di rumah atau dipusingkan dengan masalah ketersedian produk . Cukup berbekal laptop , smartphone dan koneksi internet sudah bisa memulai aktifitas dropship . Untuk mencari suplier yang menerima dropship , bisa mencari referensi ke kaskus jual beli atau bisa mencari via mesin pencari . Profit yang dihasilkan dari usaha dropship itu adalah selisih harga dari pembeli dikurangi harga beli suplier . Anda bisa menentukan keuntungan masing-masing produk . Marketing sangat berperan dalam keberlangsungan usaha jenis ini karena sifatnya online . Banyak loh yang dapat profit hingga jutaan Cuma dari usaha dropship ini .

Itulah macam - macam usaha rumahan untuk ibu rumah tangga . Intinya , jika kita ingin memulai usaha , entah itu dropship , jualan makanan dan lain sebagainya kita dituntut untuk fokus dan konsisten .
Previous
This is the oldest page

2 comments

Click here for comments
Thanks for your comment