GURIHNYA Usaha Rumahan Toko Online

Toko online saat ini menjadi alternatif bisnis online yang menggiurkan , karena tidak seperti toko konvensional yang harus punya model besar untuk biaya sewa ruko , dengan toko online biaya operasional jauh bisa dipangkas tapi omzet tak kalah jauh bahkan bisa melebihi  toko konvensional . Tapi tak mudah untuk menjalankan usaha toko online , ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu usaha terlebih ini berkaitan dengan dunia internet . Ada yang bilang bahwa bisnis online lebih gampang daripada bisnis konvensional , kenyataanya tidak demikian .

Sebelum tergiur dengan omzet yang diperoleh dari web store yang bertebaran informasinya via internet , ada baiknya anda harus tahu bagaimana latar belakang , proses dan pemeliharaan ketika kita terjun ke bisnis online . Ada orang yang bisa dapat 2jt lebih perbulan hanya bermodal lapak gratisan FJB Kaskus , tapi ada juga yang punya web store sendiri omzetnya bisa lebih dari 100jt rupiah perbulannya . Semuanya pasti ada proses dibalik layar yang tak akan pernah diungkap oleh pelaku . Biasanya kita mudah tergiur dengan iming-iming sales letter yang menjual ebook berisikan materi-materi tentang bisnis toko online , dan anda tak segan membelinya dengan harga yang terlalu mahal gara-gara sales letter yang mereka tulis seperti menyuruh anda untuk membeli .

"usaha rumahan"
usaha rumahan toko online

Sebelum berpikir jauh akan gurihnya usaha rumahan toko online , sebaiknya pahami dulu beberapa aspek yang diperlukan dalam menghasilkan pundi-pundi uang dari jenis bisnis rumahan ini  . Jangan sampai ditengah-tengah jalan langsung menghakimi diri sendiri bahwa ternyata saya kurang atau tidak berhasil dengan model bisnis seperti ini , saya cocoknya jadi karyawan . Tentu ini akan merugikan anda sendiri karena sudah kepalang tanggung , nah berikut ini aspek-aspek yang perlu anda ketahui untuk mencapai gurihnya toko online .

baca juga : usaha rumahan baju online

1.    Toko online wajib memilih produk

Tanpa produk tentunya tidak akan ada toko . Toko membutuhkan produk , produk apa saja yang bisa dijual secara online dan tentunya memberikan profit keuntungan yang lumayan itulah yang bisa dijual . Tapi , perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kecocokan terhadap produk yang dijual secara online . Misalnya dirumah anda menjual sepeda baru , lalu mencoba peruntungan di dunia toko online dengan menjual sepeda baru juga , hasilnya ternyata mengecewakan . Lalu anda beralih menjual pakaian wanita dan ternyata laris manis , nah itulah pasangan hidup toko anda .

Lalu muncul pertanyaan lagi , saya tidak punya uang banyak apakah saya bisa mempunyai web store ? jawabnya bisa . Sekarang ada istilahnya dropshipping , jadi meskipun anda memiliki modal kecil jangan pesimis . Ada banyak cara untuk meraih gurihnya toko online usaha rumahan . Yang perlu anda perhatikan hanyalah bagaimana mencari partner untuk diajak kerjasama . Anda sebagai marketer dan partner sebagai suplier . Komisi berupa selisih harga dari penjualan dikurangi harga pembelian .

2.    Toko Online berdomain berbayar

Setelah anda mempunyai rencana mau menjual produk apa , sekarang tinggal mempersiapkan toko online sebenarnya . Jika anda seorang desainer web tentu sangat mudah untuk membuat web store sendiri dengan segala macam pernak – pernik bahkan optimisasi yang bisa anda kembangkan sendiri . Namun jika anda tidak mempunyai keahlian web programming , menghubungi jasa pembuatan toko online adalah salah satu alternatif mutlak yang bisa ditempuh . Atau bisa juga meminta bantuan teman anda untuk membuatkannya .

artikel terkait : cara gokil perbanyak visitor ke toko online

Meskipun anda menyewa jasa pembuatan web store , bukan berarti anda duduk manis menanti sms dari konsumen . Setidaknya anda harus memberikan nama domain yang akan dipakai . Pemilihan nama domain yang mudah diingat dan teroptimisasi dengan baik oleh mesin pencari akan menjadi tambahan tersendiri untuk kedepannya .  Usahakan nama yang singkat padat dan mudah diingat menjadi nama domain . Nama domain bisa berupa kata kunci ataupun nama toko .

3.    Toko Online wajib punya banyak rekening

Jangan Cuma mengandalkan satu nama bank saja , usahakan minimal punya 2-3 akun bank . Kenapa harus memiliki banyak rekening dari bank yang berbeda ? konsumen nantinya akan datang atau memesan dari berbagai kota di Indonesia , mereka terdiri dari orang kota , orang desa , remaja , dewasa , bapak-bapak , ibu-ibu , memiliki pekerjaan yang berbeda pula . Pastinya jika anda hanya memiliki satu atau dua akun bank , akan menyulitkan para pembeli untuk mentransfer apalagi jika akun bank yang anda miliki berbeda dengan akun bank pembeli . Pastinya pembeli akan mikir dua kali , mengingat biaya transfer antar bank dikenakan administrasi 5rb perak pertransaksi .

4.    Toko Online wajib punya Ponsel Pintar

Selain harus punya banyak akun rekening bank , pemilik toko online juga wajib memiliki ponsel pintar karena apabila web store yang kita miliki menggunakan shopping cart atau keranjang belanja , maka segala aktifitas order /invoice dilakukan hanya via email . Apabila anda tidak memiliki ponsel pintar yang mendukung fitur push-email tentu akan kesulitan setiap ada order yang masuk , karena harus cek satu persatu email . Kecuali anda didepan komputer terus 24 jam sehari non stop .

Itulah beberapa aspek yang perlu dimiliki pengusaha toko online agar bisa menikmati gurihnya usaha rumahan toko online . Perlu anda catat , seberapapun usia usaha anda tentu hasilnya akan berbeda dengan usaha milik orang lain karena sifat dari bisnis itu fluktuatif laiknya perang . Terima kasih telah membaca artikel ini , jika ingin bertanya silahkan via kolom komentar .

Previous
Next Post »
Thanks for your comment