6 Tips Usaha Rumahan Toko Sembako

Kebutuhan pokok masyarakat Indonesia bergantung pada sembilan bahan pokok atau biasa disebut sembako . Sembako merupakan hajat hidup orang banyak , sehingga setiap hari selalu ada permintaan akan barang dalam jumlah yang stabil . Harga – harga produk sembako juga mengalami pasang surut kadang naik kadang turun sehingga harga bisa menyesuaikan dengan harga pasaran . Potensi yang bisa dihasilkan oleh toko sembako saat ini masih terbuka lebar dan tren ini tetap akan bertahan hingga beberapa tahun mendatang karena masyarakat tidak bisa terlepas pada kebutuhan pokok .

6 tips usaha rumahan toko sembako
usaha rumahan toko sembako

Jika anda ingin membuka sebuah usaha rumahan yang stabil perolehannya , anda bisa melirik toko sembako sebagai usaha yang menjanjikan saat ini . Toko sembako identik dengan usaha rumahan karena biasanya tempat usaha ini di depan rumah atau sebuah warung kecil tapi terpisah dari rumah , bagi yang punya modal besar kadang menyewa ruko di pinggir jalan dengan harapan pengguna jalan yang lewat akan mampir untuk membeli . Sah-sah saja anda mau mendirikan usaha ini dimana saja , karena bisnis ini memang bisnis kekal dalam artian tidak mengenal musiman seperti usaha rumahan musim hujan atau usaha rumahan menjelang natal .

Bagi Anda yang berniat membuka usaha rumahan toko sembako , ikuti tips berikut ini agar usaha Anda berjalan lancar tanpa ada kendala sedikitpun .

•    Tempat mendirikan usaha

Jika anda ingin membuka toko sembako , maka anda mempunyai pilihan tempat usaha yaitu di rumah sendiri atau menyewa ruko atau kios . Jika anda memilih di rumah , maka  Anda harus pastikan bahwa konsumen anda adalah orang-orang yang akan membeli dengan tunai tanpa ada unsur hutang dan sebagainya . Seringnya , toko sembako yang dibuka di rumah-rumah di perkampungan dijadikan ajang untuk mencari hutang bagi masyarakat sekitar otomatis si pemilik toko akan kelimpungan apabila konsumennya lebih banyak yang hutang daripada tunai .

artikel : usaha rumahan musim hujan

•    Modal awal dan modal sehari-hari

Hal yang paling penting dalam pendirian toko sembako ialah anda harus mengeluarkan modal awal untuk membuka warung seperti mendekorasi ruangan apabila dibuka di rumah , sewa ruko , pembelian barang-barang . Setelah modal awal , maka modal berikutnya ialah modal operasional seperti kulakan produk-produk yang habis setiap hari . Bisnis ini sarat akan modal , sehingga anda harus pandai mengatur keuangan .

•    Kelengkapan produk yang dijual

Toko sembako itu tidak hanya menjual kebutuhan pokok seperti gula , beras , mie instan , minyak goreng akan tetapi bisa juga dicampur dengan peralatan kosmetik seperti sabun pencuci muka , sabun mandi , tisu , celana dalam pria / wanita . Seringnya apabila toko sembako sudah mulai besar , maka konsumen akan menanyakan produk yang tidak dijual , untuk mengantisipasi kekecewaan dari pembeli anda bisa menjual produk yang dimaksud dikemudian hari . Anggap saja konsumen tersebut memberikan masukan yang bagus untuk kemajuan toko sembako Anda .

•    Peralatan penunjang

Mungkin ini bisa disebut sebagai modal awal juga , peralatan penunjang memiliki peran penting dalam operasional sehari-hari toko seperti kalkulator , timbangan , plastik kresek , rak etalase , lemari etalase . Barang-barang tersebut wajib hadir pada sebuah toko sembako .

•    Harga yang adil

Karena lokasi toko sembako anda di perkampungan , maka jangan sekali – kali menaruh dendam atau tidak suka pada seseorang terutama tetangga dengan cara memberikan harga yang berbeda dari konsumen lain . Contoh , anda membenci Budi , budi membeli gula pasir satu kilogram di tempat anda , anda memberikan harga 8.000 rupiah kepada budi , namun ketika rudi datang , rudi berbelanja barang yang sama namun dikasih harga 7.000 rupiah otomatis budi akan kecewa jika tahu bahwa ia telah dikasih harga yang tidak sama dan cenderung lebih mahal .

•    Tetapkan harga yang sama  dengan toko lain

Mungkin informasi yang beredar menyebutkan bahwa untuk menjaring konsumen lebih banyak yaitu dengan cara memberikan harga yang murah daripada toko lain , namun apabila keuntungan yang anda peroleh sedikit lebih baik jangan . Berikan harga yang sama sesuai pasaran dengan toko lain , ini bertujuan agar anda tidak diserang dikemudian hari . Anda pasti akan marah apabila toko sebelah memberikan harga produk a dengan selisih harga terlalu tinggi dengan toko Anda , bukan ?

Itulah tips mendirikan usaha rumahan toko sembako yang bisa anda pelajari , dengan mendirikan toko sembako anda selain mendapatkan keuntungan materi juga menolong masyarakat sekitar untuk mendapatkan kebutuhan pokok sehingga memberikan kepuasan tersendiri .
Previous
Next Post »

10 comments

Click here for comments
8 January 2015 at 23:52 ×

sembako merupakan kebutuhan pokok menjadi usaha yang sangat menjanjikan

Balas
avatar
admin
1 February 2015 at 16:02 ×

PERJANJIAN USAHA BERSAMA

Perjanjian Usaha Bersama ini berisi draf ketentuan yang mengatur tentang hubungan kerja sama untuk mendirikan dan menjalankan suatu usaha bersama dengan persekutuan perdata, yaitu dengan cara memasukan modal (inbreng) dan membagi keuntungan yang terjadi karenanya, termasuk di dalamnya mengatur tentang ruang lingkup kegiatan usaha bersama, jumlah modal dan bentuk pemasukan modal para pihak, manajemen usaha bersama, dan pembagian keuntungan dan kerugian diantara para pendiri usaha bersama. Untok DOWNLOAD draf perjanjian ini dalam bentuk file word, silahkan kunjungi:

http://www.legalakses.com/draf-perjanjian-usaha-bersama/

Balas
avatar
admin
ACT
8 June 2015 at 18:55 ×

saya mau coba wirausaha, kalu sembako harus kuat modal yah?

Balas
avatar
admin
2 November 2015 at 16:08 ×

nama saya jalal usia 23 tahun lajang asal Bandung..tepatnya desa cikancung ane tinggal di pedesaan...alhamdulillah dari hasil kumpul2 kerja keras sekarang sudah bisa bikin rumah sendiri, tepatnya sih bukan rumah tapi gubuk heee...lumayanlah sebelahnya ane bikin khusus buat toko/warung kalau lihat syariat lumayan strategis soalnya di tempat ane bangun belum ada toko/grosir gede,,tempatnya pun pinggir jalan sudah itu pas gerbang masuk desa jadi kalau warga mau masuk desa pasti lewat toko ane duluan heee. oke masuk pokok masalahnya modal ane habis buat beli tanah sama bikin bangunan barang kali disini ada yang baik hati mau bantu pinjamin uang modal/solusi buat cari modal.,,,gimana caranya.gak besar2 lah 10-15juta saja. ane akan manfaatin semaksimal mungkin...terimakasih...jalal alamat sukahurip rt/rw01 dsa cikancung kec.cikancung kab.bandung ajakecil@gmail.com. 081910282112

Balas
avatar
admin
20 November 2015 at 08:59 ×

usaha rumahan sembako sebenarnya bagus tapi kalo ga punya tempat malah susah deh..

Balas
avatar
admin
19 June 2016 at 00:52 ×

Kelengkapan produk yang dijual, kendalanya seringkali kesulitan mendapatkan tempat kulakan yang murah, seringnya ada yang hanya stok sedikit, sedangkan kalau belanja sedikit harganya berbeda. bagaimana itu gan solusinya

Balas
avatar
admin
8 September 2016 at 23:20 ×

aslamu alaikum wr wb... bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan PROGRAM HIBAH DANA GAIB hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu hari saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan mengunjungi website www.danagaib.xtgem.com
semua petunjuk K.H. JAYA saya ikuti dan hanya 2 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih K.H. JAYA saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan hub K.H. JAYA di no 0851 4534 1286 Info lengkap KLIK DISINI






















































































































































:-d

Balas
avatar
admin
mas joe
23 December 2016 at 13:32 ×

Ane juga mau buka usaha nih. Lagi nyari sumber-sumber cara usaha itu gmn biar ga salah jalurnya. tinylair

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment