7 Tips Berjualan di Tokopedia Agar Cepat Laku

Berjualan online sama halnya dengan berjualan secara konvensional seperti mendirikan toko atau kios , berjualan keliling sampai mengikuti pasar kaget . Semua itu dilakukan agar terjadi aksi penjualan yang diinginkan oleh semua penjual agar mendapatkan keuntungan . Berjualan online bukanlah sebuah pekerjaan atau perkara yang mudah , melainkan membutuhkan kesabaran yang tinggi dan ulet agar bisa berhasil , mengingat persaingan baik di ranah online atau nyata cukuplah sengit sehingga orang yang bertahan itulah orang yang akan sukses . Berjualan online memang tidak membutuhkan modal sehingga bisnis ini menjadi idola semua orang .

Bak pedagang nyata , pedagang online pun bisa meniru perilaku pedagang dalam memasarkan produknya mulai meniru cara pedagang asongan yang bisa diterapkan di situs jual beli listing , menjadi pedagang pasar kaget yang bisa diterapkan atau ditiru di forum jual beli dan grup jual beli facebook , sampai mendirikan toko dengan biaya mahal yang di dunia online bisa kita contoh dengan mendirikan toko online seperti lucumurah.com . Tapi ada metode unik dimana cara ini belum ada padanannya jika di dunia nyata , yaitu berjualan di tokopedia .

Berjualan di tokopedia itu unik karena kita sebagai penjual tidak akan dipungut biaya apapun atas transaksi yang terjadi , memang cara seperti ini mirip dengan situs listing namun tokopedia bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli sebagai penengah . Maraknya aksi penipuan belanja online membuat sistem escrow atau rekening bersama merupakan cara tepat untuk menghindari sistem penipuan . Karena faktor inilah , banyak penjual yang menjajakan produknya di tokopedia dengan berharap mendulang kesuksesan dari sana . Memang , banyak penjual di tokopedia yang memiliki omzet puluhan juta hingga ratusan juta rupiah dari hasil “nebeng” di situs orang lain .

7 tips berjualan di tokopedia agar cepat laku
berjualan di tokopedia

Kemudahan yang ditawarkan tokopedia antara lain kita memiliki toko online sendiri yang buka 24 jam x 7 hari tanpa harus memikirkan biaya hosting , biaya seo dan lain-lain . Selain itu , kita tidak direpotkan dari pembeli yang “merepotkan” karena ragu-ragu akan bertransaksi dengan Anda . Jika anda berniat untuk berjualan di tokopedia , dan berharap setiap hari selalu ada minimal 5 penjualan maka anda harus mengikuti tips-tips berikut ini agar penjualan anda di tokopedia berjalan lancar . Berikut tipsnya :

•    Gunakan Foto yang berbeda

Seringkali kita mencari produk tertentu di tokopedia , namun foto produk tersebut sama semua antara satu sama lain sehingga kita dibingungkan karena meskipun foto produknya sama tapi harganya beda-beda . Nah , jika anda ingin berjualan di tokopedia atau situs sejenisnya , ada baiknya untuk menggunakan foto produk yang diambil sendiri . Ini untuk memberikan ciri pada produk Anda , sehingga manakala harga yang anda tawarkan jauh lebih mahal tetap akan menarik calon pembeli .

•    Selalu buka toko lebih awal

Anda jangan berharap akan ada penjualan meskipun harga barang Anda merupakan yang termurah jika toko anda tidak buka . Status keaktifan toko dinyatakan 1 minggu yang lalu atau 2 hari yang lalu akan membuat calon konsumen enggan berbelanja di toko Anda . Beda halnya jika status keaktifan toko anda adalah hari ini maka konsumen akan melirik meskipun harga yang anda tawarkan cenderung mahal .

•    Balas pesan dan diskusi produk secepatnya

Anda dituntut untuk cepat dalam merespon pertanyaan yang diajukan konsumen seperti fitur pesan atau diskusi produk . Kebanyakan penjual tokopedia terkesan acuh , meski dikirim pesan atau diskusi produk tidak dibalas . Meskipun harga barang-barangnya murah kalau penjualnya cuek siapa yang mau belanja disitu ?

•    Hindari No Retur , No Cancel , No Complain

3 N yang sering muncul di deskripsi produk yang dijual di tokopedia ialah  no retur , no cancel , no complain . Kesannya penjual itu tidak mau bertanggung jawab apabila barang sudah sampai di tangan konsumen , tentu konsumen tidak akan komplain jika tidak ada masalah barang yang ia beli . Anehnya, rata-rata penjual di tokopedia menggunakan kata-kata diatas untuk menyangkal keluhan konsumen sehingga konsumenlah yang dirugikan . Kalau anda berjualan ya harus menerima keluhan atau masukan dari pembeli agar bisnis anda terus maju .

•    Cantumkan no hp pada informasi toko

Pihak tokopedia memang tidak mewajibkan anda untuk memajang no ponsel secara terbuka yang bisa dilihat publik . Namun , demi kebaikan ada baiknya anda memasang informasi sejelas mungkin agar pembeli bisa menghubungi anda kapan saja tanpa harus menggunakan fitur yang disediakan situs yang kurang efisien .

•    Aktifkan notifikasi email

Anda tidak bisa menyalakan pc seharian ? nyalakan saja fitur notifikasi email pada ponsel pintar anda supaya anda mendapatkan pemberitahuan dari tokopedia entah penjualan , ada pesan baru , ada diskusi produk terbaru sehingga anda bisa cepat membalas . Sekarang tokopedia sudah menyediakan aplikasi sehingga tidak ada alasan bagi anda untuk telat membalas pesan atau diskusi produk .

•    Jangan perang harga

Apabila anda melihat suatu produk misalnya X dan harga paling murahnya di tokopedia sebesar 40.000 rupiah maka jangan sekali-kali anda menurunkan harga produk tersebut ke level terendah misalnya 38.000 atau nyaris 30.000 rupiah . Memang , anda berpikiran bahwa dengan mendirikan harga murah akan terjadi penjualan dalam jumlah banyak namun itu hanya sesaat . Berjualan bukanlah sekali atau dua kali , namun terus menerus dan cara mendatangkan pembeli melalui banting-bantingan harga merupakan cara salah .

Itulah 7 tips berjualan di tokopedia agar cepat laku , bagi anda seorang pedagang online yang menjadikan sebagai usaha rumahan maka situs tokopedia wajib anda coba agar jaring-jaring pemasaran bisa meluas .
Previous
Next Post »

57 comments

Click here for comments
12 January 2015 at 09:49 ×

setuju tuh untuk perang harga, kebanyakan banting harga sampe titik paling rendah, walaupun ga semua pembeli pasti ke situs, tapi kebanyakan order adalah dari penjual yang menawarkan harga termurah... *sampe sempet mikir jgn2 barangnya kw karena lebih rendah dari supplier langsung, heheehe :D

Balas
avatar
admin
13 January 2015 at 22:03 ×

tahu deh mereka untungnya berapa , kalau menurut saya sekarang bukan masalah harganya yang rendah atau tinggi , tapi toped telah membenamkan pemikiran kepada calon konsumen online diluar sana bahwa metode transfer langsung ke penjual yang rekeningnya nama pribadi harus dihindari , ini yang paling saya keselin . Masak kalau belanja online harus escrow semua ? casflow buat penjual jelek dong , tunggu saja nanti akan ada artikel yang membahas ini gan , salam kenal

Balas
avatar
admin
21 March 2015 at 02:21 ×

Karna banyak ( tdk semua ) penipuan online.,sehingga dgn ada nya escrow,maka transaksi aman.dan pembeli tidak ragu.sy juga penjual online di tokopedia & saya setuju dgn escrow.jd kenapa hrs tersinggug? ;) note : saya sendiri pun pernah di tipu penjual online sebesar IDR.1.800.000,- blanja tidak melalui tokopedia ato escrow,tp sy transfer lgsg ke rekng pribadi si penipu.so seharus nya kita berterimakasih dgn ada nya escrow.salam sukses bro;)

Balas
avatar
admin
Anonymous
26 March 2015 at 22:43 ×

jualan di tokopedia tambah tidak nyaman
saldo saya nyangkut banyak gara2 pembeli cerewet yg main komplain seenaknya
alasan pengiriman terlambat padahal kan itu urusan dgn expedisi bukan saya yg antar sendiri

Balas
avatar
admin
31 March 2015 at 17:24 ×

biasanya yang komplain seperti itu pembeli baru gan , mereka tahunya kita yang kirim itu barang , kalau saya diseperti itukan ya saya minta bantuan dari pihak toped , urusan pengiriman bukan masalah kita

Balas
avatar
admin
6 April 2015 at 10:37 ×

terimakasih banyak sob buat info dan artikelnya yang sangat membantu...

Balas
avatar
admin
10 April 2015 at 10:01 ×

mantab sob, makasih artikelnya...

Balas
avatar
admin
27 April 2015 at 19:49 ×

tipsnya boleh juga

Balas
avatar
admin
5 May 2015 at 16:20 ×

Perang harga memang bikin rusak pasaran.

Balas
avatar
admin
Anonymous
21 May 2015 at 19:11 ×

kalo gak banting harga pasti gak laku

Balas
avatar
admin
12 June 2015 at 10:55 ×

untuk toko online yang lebih mudah lagi tanpa membuat website bisa gabung di www.shopious.com . Pusat toko online terlengkap dan teraman :D bisa punya website sendiri disana :D

Balas
avatar
admin
26 June 2015 at 09:22 ×

terimakasih tipsnya, sangat bermanfaat...

Balas
avatar
admin
30 June 2015 at 09:07 ×

caranya buka dan tutup toko bagaimana ?
tombolnya dimn ?

Balas
avatar
admin
30 June 2015 at 21:01 ×

dipengaturan toko sudah ada , tinggal masuk menu pengaturan toko lalu pilih menu status toko pilih tutup toko, isi sampai tanggal berapa mau tutup tokonya . semoga membantu ya

Balas
avatar
admin
27 July 2015 at 05:34 ×

Tapi Bagaimana dengan barang2 dari Cina yang memang harganya sangat murah. Trus bagaimana kita menghadapinya jika memang di Toped barang yang sejenis dengan barang kita memang jauh lebih murah. Thanks

Balas
avatar
admin
27 July 2015 at 11:18 ×

tentunya konsumen akan cerdas memilih barang , harga memang patokan atau faktor yang menentukan seorang konsumen akan menjatuhkan pilihan pembeliannya namun apalah artinya jualan paling murah kalau pelayanannya nol besar . di toped iya banyak penjual yang menjatuhkan harga produknya , tapi sedikit sekali yang punya pelayanan purna jual baik .

Balas
avatar
admin
27 July 2015 at 11:24 ×

setuju gan,
sedikit tambahan dari sy gan mungkin bisa diterapkan
- buat judul produk yang mewakili kata kunci dari produk itu sendiri agar mudah ditemukan mesin pencari.

Balas
avatar
admin
6 August 2015 at 04:16 ×

Terima kasih artikel yang sangat membantu,,, setuju juga sama komentar di atas ⬆ saya untuk memberi judul yang mewakili kata kunci

Balas
avatar
admin
10 August 2015 at 09:57 ×

ada yang tau trik berjualan di toped dengan gold merchant ya.. kok aku rasa setelah upgrade ke gold merchant penjualan jadi berkurang ya ga nambah.. enaknya cuma promosi jadi lebih mudah, ga perlu per jam lagi.. tapi kok aku rasa penjualan lebih banyak saat promo gratisan ya.. mohon pencerahannya ya.. million thanks b4

Balas
avatar
admin
11 August 2015 at 13:33 ×

kalau gitu downgrade jadi reguler saja , saya rasa kalau gold merchand di toped kurang begitu greget , daripada untuk toped mending fb ads atau google adwords gan lebih greget . kalau toped saingan harga gan

Balas
avatar
admin
master fh
15 August 2015 at 02:58 ×

Di toped itu yg untung dan laris cuma perusahaan besar atau supplyer besar. Karena mereka pada umunya bisa banting harga.

Sedangkan pedagang kecil pasti kelibas.

Tokopedia mirip taobao dicina. Dan ternyata emang pemegang sahamnya sama.

Salam dr ninjafar

Balas
avatar
admin
24 August 2015 at 21:38 ×

Kalau udah rezekinya mah gak bakal kemana, aku belanja di toped, kujual lagi di toped juga masih laku, caranya cari penjual grosir termurah, kemudian kita ecer, ambil untungnya dikit aja. Low aku gitu.

Balas
avatar
admin
6 September 2015 at 15:25 ×

Sangat membantu terima kasih

Balas
avatar
admin
30 September 2015 at 03:34 ×

Bagus sekali tipsnya,, jika di atas lebih ke manajemen operasional, kalau tulisan yg ini lebih ke content letter

Balas
avatar
admin
12 October 2015 at 19:46 ×

Iya BetuL tuh Jangan Main banting2an harga... Pusing juga saya Sempat shock juga mau masuk tokopedia koq harganya hancur2an.... jadi agak males jualan disana
tp ya mau bagaimana lagi?? mau ga mau ya kita ikutin harga yang lainnya

Balas
avatar
admin
15 October 2015 at 14:22 ×

Bisa dicoba nih tipsnya. Benar, walaupun melalui tokopedia, bila ada pesan atau pertanyaan produk, memang harus cepat responnya. Respon yang cepat akan memuaskan calon pembeli dan lebih cepat juga untuk ATC.

Balas
avatar
admin
19 October 2015 at 22:52 ×

Betul, niy uda lama juga puny account di toped, cuma barang yang laku baru 1, makasih infonya gan.

Balas
avatar
admin
25 October 2015 at 16:07 ×

saya setuju sama yg ini. Dulu saya jual mainan Rp 160.000 ( saya sengaja ambil untung kecil ) dan ternyata dagangan saya rame banyak yg beli, Saya liat2 untuk barang yg sama penjual lain menjual sekitar 180.000 - 200.000 . Tapi begitu saya naikan jadi 180.000 yg beli jadi jarang hahaha....

Balas
avatar
admin
28 October 2015 at 17:05 ×

Memang aku lihat brng yg dijual di toped byk yg banting harga,untuk penjual skala kecil sgt susah bersaing,yg penting semangat !!

Balas
avatar
admin
24 November 2015 at 15:40 ×

Saya baru seminggu buka toko di tokped
Alhamdulilah udah ada yg order
Yakin aja lah
Kalo msalah harga
Saya ngasih harga yg sesuai produknya kecuali kalo harga buat grosir pasti lebih miring harganya :)
Numpang promo aja
Www.tokopedia.com/tokobukunafisah
Makasih

Balas
avatar
admin
18 December 2015 at 14:30 ×

apa kalo pengen dagangan laku kudu upgrade gold merchant ya?

Balas
avatar
admin
19 December 2015 at 22:56 ×

Ya begitulah tokopedia, ancur2an harganya. g bsa ambil margin gede dah di tokped mah. kita mesti bisa nyesuain harga yang termurah di situ. tapi g semua harga si penjual juga murah semua, ada beberapa item yang harganya lebih mahal dengan yang lain, jadi istilahnya subsidi silang. Biasanya pembeli g mau ribet beli barang di penjual laen kalo selisih harganya cuma sedikit, sedangkan belanja di penjual yang lain kan akan menambah ongkos ekspedisi. Nah disitu penjual bisa ambil keuntungan lebih. Coba perhatiin deh, di penjual termurah sekalipun, pasti ada beberapa item yang harganya lebih tinggi dari yang laen. Trus kalo mank mau rame tokonya, ya kita harus kreatif, menciptakan sebuah produk buatan sendiri. kalo ngejual barang yang sama, ya gitu deh mesti perang harga. kalo g kuat modal mah, susah nyaingin harganya. Lagian banyak juga penjual di tokopedia, punya toko fisik yang notabenenya pemain besar.

Balas
avatar
admin
23 January 2016 at 20:56 ×

Kalo lihat harga di tokopedia, kita jadi minder & ngeper duluan sebelum buka lapak di sana. Ironisnya, misal, harga grosir yg biasa saya beli 38rb, masa mereka menjualnya 37rb???? Apa si seller itu ga punya karyawan bagian admin, bagian paking dan antar sendiri ke ekspedisi misalnya??? Tapi itulah kenyataannya di sana.

Kalo saya mau jajaki buka lapak di tokopedia khusus jual barang-barang unik saja, dengan marjin laba yang masih tinggi, lalu barang lain yang sama dengan mereka jual, kita bandrol di atas mereka dikit. Mudah-mudahan masih ada pembeli langganan. Saya yakin, Insyaalloh rejeki ga bakal ketukar.

Balas
avatar
admin
28 January 2016 at 00:35 ×

Baru nyoba jualan di toped dan lumayan udh banyak yang order, kalau masalah harga ya ngikutin aja pasaran ga usah banyak banyak ngambil untung yang penting banyak pembelinya. Salam Sukses

Balas
avatar
admin
31 January 2016 at 15:53 ×

Terimakasih informasinya sangat bermanfaat

Balas
avatar
admin
31 January 2016 at 15:54 ×

Mau coba deh jualan di toped

Balas
avatar
admin
3 February 2016 at 12:37 ×

keren tipsnya...pas lg pingin nyoba dropship dari toped

Balas
avatar
admin
8 February 2016 at 21:25 ×

oh, tak kira tips agar bisa meratakan page one di toped, ada tips dan triknya tidak untuk page one di kategori produk kita, minimal 5 produk ada di page one toped lah.

terimakasih

Balas
avatar
admin
10 March 2016 at 21:17 ×

makasi atas tips nya kak
aku suda banyak uplod tapi jarang sekali lakunya kak apa harus bayar ya kak...??/

Balas
avatar
admin
18 March 2016 at 05:51 ×

makasih gan untuk pencerahannya. menghilangkan galau nih.. hehehe

Balas
avatar
admin
16 May 2016 at 16:06 ×

Tips nya bagus gan saya bru cba buka lapak di toped
Mga bsa rame .
Amin . .

Balas
avatar
admin
16 May 2016 at 16:07 ×

Tips nya bagus gan saya bru cba buka lapak di toped
Mga bsa rame .
Amin . .

Balas
avatar
admin
29 May 2016 at 19:56 ×

Masalah harga memang menjadi hal yang paling di perhitungkan karena manyangkut margin/ keuntungan .. harus pintar-pintar cari bahan baku yang murah supaya bisa bersaing... thks gan infonya..

Balas
avatar
admin
3 June 2016 at 16:02 ×

Udah jualan di toped, kwalahan, butuh modal yg gede, cz dananya harus nunggu konfir dr pembeli. Klw dananya besar, untungnya besar juga

Balas
avatar
admin
YSJ
16 June 2016 at 19:57 ×

Terima kasih infonya.

"Toko Online Grosir Busana Baju Muslim Maxi Gamis Dress Busui Pashmina Jilbab Murah"
www.iyesh.com

Balas
avatar
admin
10 July 2016 at 05:00 ×

Thanks mas. Membantu sekali artikelnya. bagi pemula yang terjun di online shop sekiranya dapat membantu. mampir disitus saya juga ya http://www.fiforlifdietherbal.com

Balas
avatar
admin
15 August 2016 at 14:46 ×

Pointnya adalah harus menciptakan produk sendiri, harga di tokped... menghancurkan pasaran

Balas
avatar
admin
27 August 2016 at 23:15 ×

semua sudah dilakuin gan.....tapi penjual per hari tetap saja sedikit
malah kurang produk sampe 1100 produk

Balas
avatar
admin
18 September 2016 at 11:49 ×

ijin praktek ya.... biar makin optimal

Balas
avatar
admin
21 October 2016 at 01:07 ×

Alhamdulillah,
Dapat informasi bagus, baik dari artikel ini dan beberapa komentar dari pengalaman agan-agan diatas. Semoga sukses selalu.
Jazakumullah

Balas
avatar
admin
21 October 2016 at 14:57 ×

saya ngikutin harga aja jualannya .. ga terlalu mahal , ga terlalu murah juga ☺

Balas
avatar
admin
3 February 2017 at 06:47 ×

Susauh jualan di tokopedia bagi pemula .... semua cara sudah dilakukan jg. Nurut saya tokped kita jadikan escrow aja, jualannya tetep cari cr yg lain. Boleh juga diarahkan ke lapak tokped kita di sana

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment