Usaha Rumahan Untuk Mahasiswa

Usaha rumahan juga bisa dilakukan oleh mahasiswa , mengenyam pendidikan tinggi lantas bukan berarti akan mudah dalam mengarungi kerasnya kehidupan . Menyandang gelar sarjana bukan berarti dengan mudah mencapai kekayaan , bahkan untuk gelar sarjana dari Perguruan Tinggi Negeri terkenal sekalipun . Memang ada baiknya kita mengenyam pendidikan setinggi mungkin , tapi bagaimana jika kita sudah masuk ke kampus tapi ditengah-tengah perjalananan kita tak mampu membiayai kehidupan perkuliahan , apalagi jika kita kuliah di luar kota yang notabene jauh dari orang tua , pasti beban pikiran berlipat ganda . Beban kuliah yang setiap hari menumpuk , dan beban keadaan ekonomi yang harus dipikirkan juga .

Saya sendiri dulunya seorang mahasiswa tahun pertama , karena terbentur dengan masalah ekonomi , saya mengundurkan diri pada semester pertama . Beberapa hal yang waktu itu menjadi pertimbangan saya untuk keluar adalah kuliah tersebut tidak bermanfaat , yang kedua keadaan diri saya yang serba kekurangan sehingga dalam aktifitas perkuliahan sering kali tidak bisa fokus lantaran untuk makan saja susah . Akhirnya saya keluar kampus dan lebih memilih untuk menekuni usaha dropshipping . Tapi , bagi kalian yang mahasiswa lebih baik lanjutkan terus kuliahnya sampai lulus , selagi mahasiswa manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan mengisi waktu senggang untuk memulai usaha rumahan atau bekerja part time .

Melakoni usaha disaat status kita sebagai mahasiswa merupakan ide tepat , apalagi dunia lowongan kerja sekarang yang kian hari makin sengit menuntut mahasiswa untuk berpikir kreatif mencari pekerjaan selain daripada menjadi job seeker . Usaha rumahan untuk mahasiswa sendiri cocok dilakukan untuk mahasiswa tingkat pertama hingga akhir atau bahkan bagi mereka yang sudah lulus namun belum mendapat pekerjaan. Jika kita berpikir , sudah jadi mahasiswa teknik pasti cari kerja gampang , ngapain nyoba bisnis , nambah pikiran aja . Okelah tidak apa-apa , toh yang bakal senang atau susah anda sendiri bukan saya . Saya hanya berbagi artikel yang bermanfaat saja .

Dengan memiliki pekerjaan atau bisnis saat kuliah , maka anda akan mendapatkan uang tambahan yang mungkin bermanfaat sekali apalagi jika orang tua ekonomi lemah . Mencari uang jajan sendiri itu wajib , namun adakalanya mahasiswa tidak tahu bagaimana mencari usaha rumahan apa yang cocok untuknya lantaran minimnya informasi . Saya sendiri dulu bingung , mencari usaha rumahan ataupun pekerjaan sampingan apa yang tepat untuk kalangan mahasiswa , karena waktu yang dimiliki juga sangat terbatas . Nah , berikut ini adalah beberapa usaha rumahan yang bisa dijadikan inspirasi anda .

1. Usaha Rumahan Mahasiswa Membuka Bimbel

Usaha Rumahan Mahasiswa Membuka Bimbel
usaha rumahan buka bimbel
Membuka bimbel tentunya membutuhkan dana tidak sedikit bukan , eits tunggu dulu penjelasannya . Anda tidak akan saya suruh membuka bimbel sekelas Primagam* atau Neutro* ,melainkan anda berusaha sendiri menjadi pengajar jam tambahan bagi siswa SD , SMP dan SMA . Jika anda kuliah di kampus PTN atau PTS ternama di kota-kota besar , sangat mudah sekali untuk menjadi tenaga lepas guru les . Mengingat di kota-kota besar , orang tua sangat peduli dengan kegiatan belajar sang anak .

Apalagi jelang ujian nasional SMA SMP atau ujian masuk PTN , pasti orang tua akan mencari tenaga guru les privat yang mau mengajari anaknya di rumah agar anaknya bisa lulus UN dan Lulus seleksi UMPTN . Bayaran yang diterima pun juga bervariasi , biasanya dihitung per pertemuan atau perjam , tergantung kesepakatan . Dari beberapa teman saya yang menjadi guru privat di kota surabaya dalam satu hari bisa mengantongi sekitar 50rb-100rb tergantung berapa jam terbang dan juga peserta didik les .

2. Usaha Rumahan Mahasiswa Jualan Pulsa

Usaha Rumahan Mahasiswa Jualan Pulsa
usaha rumahan jualan pulsa
Ini adalah usaha rumahan mahasiswa yang bisa dilakukan oleh semua kalangan mahasiswa , tidak peduli anda pintar atau bodoh dalam akademik . Karena yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah modal , tapi modal tersebut juga tidak terlalu besar . Tapi perlu anda ingat bahwa anda menjual pulsa kemungkinan besar hanya untuk kalangan teman-teman di kampus dan kita tahu bahwa mereka ini bergantung pada kiriman uang dari orang tua sehingga jika mereka membeli pulsa di tempat anda biasanya tidak langsung kasih uang melainkan beberapa hari kemudian atau bahkan berminggu-minggu. Untuk menekuni bisnis ini tidak perlu sewa ruko , membuat etalase , cukup mempunyai dua ponsel saja dan utamakan deposit pulsa yang terus mengalir .

3. Usaha Rumahan Mahasiswa Menulis Pelajaran

Kenapa menulis pelajaran bisa jadi duit ? emang masih ada kampus yang masih manual ala SMA ? hmhmhm , masih ada dong . Tentunya dizaman serba instan ini bukan berarti dosen mengikuti perkembangan zaman , atau memang dosen tersebut lebih menyukai cara manual atau tradisi kuno dengan cara mahasiswa wajib menulis pelajaran yang disampaikan dosen di buku tulis . Dosen tidak akan mewajibkan , namun waktu akhir tutup semester pasti dosen akan meminta tulisan lengkap dan ini membuat mahasiswa kelabakan karena biasanya mereka enggan menulis secara lengkap bahkan ada yang kosong sama sekali .

baca juga : usaha sampingan untuk anak kost

Tentunya ini akan menjadi peluang emas bagi anda yang rajin , karena jika tulisan anda lengkap maka mahasiswa lain akan meminjam tulisan anda tapi mereka juga malas untuk menulis mengingat tulisannya hanya untuk menambah nilai mata kuliah dan hanya sebagai pelengkap . Tak perduli tulisan anda jelek , kurang rapi yang paling penting bisa dibaca itu sudah cukup . Untuk bayarannya sendiri juga bervariasi , tergantung anda menentukan tarifnya sendiri . Hasilnya juga lumayan untuk menambah uang jajan bulanan .

Itulah usaha rumahan untuk mahasiswa yang bisa anda lakukan , menjadi mahasiswa merupakan anugrah tersendiri dan apabila kita bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin bisa jadi sewaktu masih kuliah tapi sudah bisa sukses .
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
29 July 2015 at 08:35 ×

Mantap artikelnya gan. Thanks for share.

Selamat Rahasia Menghasilkan 1,1 Juta/hari dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment