4 Tips Usaha Rumahan Anti Bangkrut

Sekarang ini banyak orang yang menjalankan usaha dari rumah , tidak memerlukan lahan tempat yang luas untuk mendukung aktifitas usahanya . Bahkan ada yang berbekal komputer saja sudah bisa bisa mendulang jutaan rupiah bahkan puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulannya . Namun , semuanya bisa dijalankan seperti itu karena orang yang menggeluti bisnis itu memiliki rahasia yang hanya dikuasai dirinya sendiri sehingga usaha rumahannya bisa berjalan sukses . Banyak para pelaku usaha entah itu rumahan ataupun biasa yang gulung tikar gara-gara tidak tahu kunci suksesnya .

usaha rumahan
tips usaha rumahan
Karena ketidaktahuan mengelola bisnis yang ia jalankan akhirnya keputusasa-an menghampirinya .
Tak pelak dari gagal atau sukses itulah hakikat bisnis , tidak ada orang yang mengetahui secara pasti bahwa bisnis yang ia lakoni akan berhasil atau tidak . Tingkat keberhasilan ini juga merupakan kurva elastis yang memiliki perbedaan antara orang satu dengan orang lainnya , meskipun keduanya memulai dari waktu yang sama , sumber daya yang sama dan proses waktu yang sama . Secara kasat mata  mungkin memiliki persamaan , namun tetap saja ada perbedaan yang tidak diketahui semua orang , perbedaan itu misalnya ikhtiar orang pertama lebih sungguh daripada orang kedua sehingga orang pertama lebih cepat sukses daripada orang kedua .

Masalah paling ditakuti semua pelaku usaha rumahan yakni bangkrut diawal . Iya , bangkrut diawal sangatlah menakutkan , apalagi jika itu merupakan usaha pertama kali . Tentu akan sangat menakutkan hingga menimbulkan perasaan trauma yang mendalam hingga berlarut-larut dan akhirnya selalu merasa was-was ketika ingin mendalami usaha baru . Perasaan seperti itu wajar adanya , apalagi kalau latar belakang karir keluarga kita bukanlah pebisnis tentu mereka dalam hal ini keluarga tidak tahu hal yang harus diperbuat , sebaliknya justru mereka akan menasehati dengan cara sudahi saja bisnisnya lalu beralih jadi karyawan .

Tentunya anda tidak ingin mengalami keadaan yang sangat tidak terduga yang buruk bukan ? maka dari itu , mengetahui tips usaha rumahan anti bangkrut sangatlah perlu agar usaha yang anda jalani sekarang tidak mengalami keadaan diujung tanduk , Nah berikut ini tipsnya :

1.    Niat yang kuat

Entah usaha rumahan ini jadi usaha utama atau usaha sampingan dalam mendapatkan penghasilan , yang jelas jika anda tidak memiliki niat yang kuat untuk menjalankan usaha sangatlah sulit untuk berkembang . Apalagi jika usahanya dijadikan sampingan , terkesan setengah-setengah . Ketika badai arai datang , anda dipusingkan dengan pekerjaan di kantor lalu dipusingkan pula dengan usaha sampingan yang dilanda masalah , pasti usaha sampingannya jadi tak terurus .

Lain cerita kalau dia usaha utama , seberapapun masalahnya pasti akan diselesaikan . Momen-momen menakutkan adalah saat dimana kita harus mendapatkan keuntungan dalam 3-12 bulan pertama . Ini dikarenakan usaha tidak serta merta langsung instan dapat hasil , butuh proses panjang yang melelahkan .

2.    Sumber Daya Manusia

Menjalankan usaha di rumah  berarti anda dituntut untuk berpikir kreatif , kritis , dan tanggap . Tak peduli anda lulusan sd , smp , sma atau perguruan tinggi , kalau sudah bicara bisnis maka otak kita harus sudah siap dengan segala macam rintangan yang akan dihadapi . Permasalahan seperti menghadapi konsumen yang bawel , arus keuangan yang labil hingga masalah promosi yang harus kita kerjakan sendiri diawal.

Sulitnya usaha rumahan itu berada pada titik awal memperoleh keuntungan , anda mungkin bisa meraih dengan mudah 100 juta perbulan dari bisnis online , tapi sulit sekali ketika ingin mendapatkan 1 juta perbulan untuk pertama kalinya . Fenomena ini terjadi tidak hanya untuk bisnis online saja , melainkan seluruh bisnis yang ada dimuka bumi .

3.    Sumber Modal

Modal merupakan fundamental bisnis , tanpanya bisnis yang kita geluti sekarang tidak akan berhasil tanpa modal . Eitsss , tunggu dulu penjelasannya , modal tak selalu berbentuk uang . Modal bisa berupa materi atau non materi . Materi jelas sudah tahu semuanya , sedangkan non materi meliputi pikiran , waktu dan keahlian . Kedua jenis modal ini saling melengkapi , akan tetapi faktor yang menentukan bukanlah uang . Dengan pikiran yang kreatif kita bisa mendapatkan uang secara Cuma-Cuma , akan tetapi dengan uang kita tidak bisa memiliki pemikiran yang kreatif .

4.    Jangan Hutang

Kesalahan fatal bagi seseorang yang memulai usaha baik itu rumahan atau biasa adalah dengan cara berhutang entah itu kepada orang , bank atau rentenir . Jangan sekali-kali memulai usaha dengan cara berhutang karena kita tidak tahu apakah bisnis kita ini berhasil atau tidak , memang semua orang harus berpikir positif yakin bahwa usaha kita harus berhasil namun apabila berhasilnya tertunda dan anda dikejar untuk melunasi hutang , pikiran kita terbelah jadi dua .

Berhutan itu sah-sah saja , tapi harus melihat konteks . Jika usaha sudah dianggap berkembang , dan kita membutuhkan modal uang untuk mengembangkan lagi tentunya sah-sah saja , karena kita sudah memiliki anggaran dana yang cukup untuk melunasi hutang tersebut .

Nah itulah 4 tips usaha rumahan anti bangkrut , semoga bagi anda yang ingin memulai usaha rumahan bisa lebih bijaksana dalam menentukan arah bisnis kedepannya seperti apa sehingga bisa menghindari malapetaka kebangkrutan atau kondisi diujung tanduk .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment