3 Alasan Usaha Rumahan Jual E-book Menguntungkan

Dijaman yang serba modern ini , tren membaca buku konvensional telah tergantikan dengan buku digital e-book yang jauh lebih murah dan praktis . Seseorang bisa membaca hanya melalui perangkat mobile yang dilengkapi fitur e-reader . Atau sekarang lebih dikenal dengan perangkat tablet pc , komputer mini untuk keperluan sederhana . Awal mula terkenalnya e-book diprakarsai oleh Amazon yang mengeluarkan perangkat e-reader Amazon Kindle yang dirilis pada 19 November 2007 (sumber : wikipedia), fungsi awalnya adalah untuk mengundul konten di amazon store dan untuk menikmati konten yang disediakan .
alasan jualan ebook
amazon kindle

Lalu generasi fenomenalnya lahirlah Ipad generasi pertama dibulan maret 2010 dengan menawarkan performa yang lebih baik (layar berwarna , memori internal lebih besar) oleh Apple Inc . Seiring dengan berjalannya waktu , popularitas tab
let pun kian menggema dan pada tahun 2012 kemunculan Tablet berbasis Android OS Nexus 7 menandakan fenomena tablet yang tak dapat dibendung lagi , mengalahkan perangkat notebook yang lebih dulu populer . Praktis , mudah dibawa kemana saja adalah alasan mengapa orang lebih menyukai membaca buku di perangkat digital daripada membawa buku yang terkadang berat .

Selain praktis dan mudah dibawa , ada kelebihan lain yang dimiliki e-book daripada buku biasa yakni mengurangi jumlah penebangan pohon . Untuk membuat satu buku , diperlukan beberapa unit pohon yang diolah menjadi kertas , sedangkan e-book bisa dibuat dengan perangkat lunak yang jauh lebih hemat biaya dan ramah lingkungan .

Jika anda rajin membaca buku , kenapa tidak mencoba usaha rumahan membuat buku digital ? selain untuk mengasah kemampuan otak Anda , dengan menjadi penulis buku bisa jadi terkenal . Sebut saja J.K Rowling yang sukses dengan novel Harry Potter saga , ada juga J.R Tolkien yang membuat novel Trilogi The Lord Of The Ring dan The Hobbit . Di Indonesia juga ada penulis terkenal seperti Asma Nadia (Catatan Hati Seorang Istri) , Hanum Salsabela Rais (99 Cahaya di Langit Eropa) dan masih banyak lagi .

Lantas , apa saja alasan kenapa Anda harus mencoba usaha rumahan membuat buku digital ? alasan berikut ini bisa anda pertimbangkan jika saat ini Anda menginginkan bisnis yang mudah dijalankan namun tidak mengganggu aktifitas utama .

1.    Masa depan buku ada di E-book

Setiap harinya hutan seluas lapangan sepakbola lenyap gara-gara banyak pohon yang ditebang . Pohon yang ditebang itu diolah untuk menjadi beberapa bahan baku dan diantaranya adalah bahan baku kertas .  Tak bisa dipungkiri bahwa buku konvensional sangat tidak ramah lingkungan untuk masa sekarang ini , dibeberapa negara Eropa dan Amerika , penggunaan E-book telah melampaui jumlah penggunaan buku konvensional , aksi mereka atas kepedulian lingkungan sangat tinggi .
jualan ebook menjanjikan
ilustrasi pohon
Tunggu apalagi , jika anda memendam cita-cita ingin menjadi penulis , ayo segera berlatih . Menulis e-book dan buku biasa sama saja tidak ada perbedaan , justru lebih mudah via e-book daripada buku . Dengan e-book  jika ada ejaan yang salah , anda bisa dengan mudah menghapusnya dengan menekan tombol delete atau backspace , beda halnya dengan buku biasa jika ada kesalahan maka harus dihapus menggunakan karet penghapus atau tipex .

2.    Harga e-book relatif lebih murah

Harga e-book jauh lebih murah daripada buku biasa , namun jangan salah persepsi dulu . Bukan berarti dengan harga lebih murah daripada buku  profit yang bisa diperoleh lebih sedikit ketimbang buku biasa . Itu salah , justru dengan harga murah itu bisa mendulang profit yang melebihi buku . E-book tidak memerlukan media fisik sebagai bahan , melainkan format digital yang disimpan dalam bentuk file ekstensi pdf dan ukuran kapasitas bytenya pun terbilang sedikit . Asumsi buku teori fisika perkuliahan dengan penuh warna halaman 400 hanya 90-150 MB , Bandingkan dengan buku biasa bisa 1 Kg beratnya .

3.    Pemasaran e-book lebih luas

Anda tidak perlu khawatir kebingungan menjual e-book dimana , justru pasar yang bisa dijangkau e-book lebih luas . Kalau buku biasa hanya bisa dijual di toko fisik serta toko online , e-book bisa dijual via pasar aplikasi macam google play , app store , windows market , blackberry world serta dijual melalui akun sosmed pribadi . Pembeli hanya perlu mengunduh file pdf , dan anda akan mendapatkan komisi yang tentunya bagi hasil dengan pihak penyedia layanan pasar aplikasi .

Itulah 3 alasan usaha rumahan buat e-book menguntungkan , bagi Anda yang berminat menjadi penulis , cobalah “menjual” tulisan anda melalui blog terlebih dahulu . Jika anda konsisten menulis di blog maka dengan sendirinya akan terlatih untuk menulis lebih baik lagi .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment