2 Tips Usaha Rumahan Tanpa Modal

Orang – orang masih menganggap bahwa memulai usaha apapun membutuhkan modal , modal dalam bentuk kongkrit dalam hal ini uang . Memang , uang adalah segalanya , dengan uang anda bisa membeli handphone baru , sepeda motor baru , mobil baru dll . Akan tetapi apakah modal uang itu segalanya atau faktor yang krusial bagi seorang pebisnis ? mungkin iya jika bisnis yang dijalankan sudah besar sehingga membutuhkan biaya operasional tinggi tiap hari , akan tetapi bagaimana jika untuk pemula apalagi mereka yang berstatus pengangguran ?

Tentunya bukan perkara mudah jika seorang pengangguran ingin memulai usaha , bahkan orang yang sudah pekerjaan mapan pun masih dipusingkan dengan permasalahan modal yang seakan-akan menjadi kunci kesuksesan berbisnis . Nyatanya , banyak orang diluaran sana yang sukses mendulang jutaan rupiah diawali dari sebuah 0 rupiah . Tentunya 0 rupiah ini hanyalah makna kiasan saja yang artinya tidak murni 0 rupiah modal dengkul melainkan ada modal yang dimiliki semua orang namun ia berhasil mengaplikasikannya dalam kehidupan bisnis . Usaha rumahan atau biasa kita sebut sebagai bisnis sampingan  juga bisa dijalankan tanpa modal alias 0 rupiah . Kok bisa ?

Jika kita masih beranggapan bahwa segala bisnis harus dimulai dari mengumpulkan uang terlebih dahulu dan anda belum memiliki uang yang lebih untuk menggarap bisnis yang menguntungkan , jangan berkecil hati . Kenyataannya ada banyak jenis usaha rumahan yang bisa dimulai tanpa modal , berikut ini tips untuk memulai usaha rumahan tanpa modal beserta contoh bisnisnya :

1.    Manfaatkan ponsel untuk usaha dropship

tips memulai usaha rumahan
ponsel fitur

Apakah anda masih mengira bahwa usaha rumahan harus dimulai dari modal jutaan rupiah ? hmm anda salah . Kenyataannya untuk memulai usaha dropship hanya dibutuhkan ponsel untuk berkomunikasi antara dropshipper dengan suplier , dropshipper dengan konsumen . Hampir semua orang memiliki ponsel baik itu ponsel fitur ataupun ponsel pintar , sedianya dengan mempunyai ponsel  anda masih bisa menjalankan bisnis dropship , bukan ?

baca juga : usaha bisnis dropship

Ketersedian laptop ataupun akses internet merupakan opsional bagi seorang dropshipper . Biasanya suplier online akan mengupdate foto produk atau katalog yang bisa diunduh kapan saja , nah bagi dropshipper yang tidak memiliki akses internet bisa mengunjungi warnet terdekat untuk mengunduh dan menguploadnya ke toko online , fanpage facebook dll . Hanya kreatifitas anda sendiri yang nantinya bisa dijadikan modal “dengkul” namun meraup keuntungan maksimal .

2.    Manfaatkan iklan baris koran untuk menjadi broker


tips memulai bisnis rumahan
iklan baris

Harga koran baik itu koran lokal ataupun nasional berkisar diantara 2500 rupiah hingga 4000 rupiah . Sehari anda mengeluarkan uang untuk membeli koran katakanlah seharga 3000 rupiah , tentunya sangat ringan bukan ? nah dari koran itulah , anda mencari halaman iklan baris yang biasa dimuat oleh surat kabar . Cari iklan properti atau apa saja yang sekiranya bisa menjadikan anda sebagai perantara alias broker , cari iklan yang lokasinya dalam kota saja karena kalau luar kota nantinya repot .

baca juga : usaha rumahan iklan baris

Lantas setelah mencari iklan tersebut , anda menghubungi penjual . Utarakan saja maksud anda ingin menjadi seorang broker , jika disetujui maka penjual akan mempersilahkan broker untuk mengambil gambar produk dalam hal ini bisa rumah , tanah atau mobil yang nantinya anda upload ke iklan listing online . Setelah mendapatkan gambar , langkah selanjutnya adalah mengiklankan di media online . Bayangkan dalam sehari anda hanya butuh modal tak sampai 10 ribu rupiah (beli koran + ke warnet) , bagi mereka yang sudah punya akses internet di rumah tentu modal yang dikeluarkan sedikit , toh anda bisa mengiklankan produk tersebut via ponsel .

Itulah 2 tips memulai usaha rumahan tanpa modal , tentunya bukan 0 rupiah sama sekali akan tetapi memanfaatkan segala sesuatu yang ada disekeliling rumah anda itu bermanfaat untuk mulai usaha rumahan yang bagi sebagian orang masih menjadi momok lantaran tidak punya modal .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment