3 Tips Usaha Rumahan Cuci Mobil

Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah , akses kepemilikan kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat semakin mudah . Berbagai jasa perkreditan menawarkan syarat mudah kepada masyarakat yang menginginkan sepeda motor atau mobil namun memiliki dana terbatas . Dengan uang muka yang ringan serta cicilan perbulan yang kecil membuat orang berduyun-duyun untuk memiliki sepeda motor atau mobil baru sehingga tak jarang dalam satu rumah ada lebih dari satu unit sepeda motor atau mobil . Meskipun harga bbm semakin naik , tak menyurutkan orang untuk memiliki kendaraan bermotor .


usaha rumahan modal kecil
bisnis cuci mobil
Data dari Kepolisian Republik Indonesia tahun 2012 jumlah kendaraan bermotor naik 12 persen menjadi 94,229 juta unit dibanding tahun 2011 yang hanya 84,19 juta unit . Pertambahan terbanyak diisi oleh sepeda motor dan mobil pribadi . Jumlah kendaraan roda dua yang dibeli konsumen mencapai 8,5 juta sedangkan mobil mencapai 984ribu . Jumlah yang fantastis untuk negara yang sedang berkembang . Tentunya dengan jumlah kendaraan yang makin hari makin banyak , banyak peluang usaha yang bisa dihasilkan , beberapa diantaranya jasa tambal ban , jual bensin eceran , jual aksesoris sepeda motor dan mobil , jasa servis sepeda motor dan mobil , dan tentunya cuci motor dan mobil .

Berbicara mengenai peluang usaha rumahan otomotif , ada baiknya anda yang sedang mencari usaha rumahan minim modal bisa melirik cuci mobil . Mengapa demikian ? karena melihat jumlah angka pengguna sepeda motor dan mobil yang naik setiap tahunnya , bisa dimanfaatkan sebagai peluang emas . Hitung kasaran misalnya seperti ini persentase motor baru mencapai 90 % , mobil 10 % belum disusul mobil angkutan umum , bis , mobil barang dll , mereka pengguna kendaraan pastinya ingin alat transportasinya nampak kinclong tidak berdebu bukan ? jika mereka termasuk orang yang malas pasti yang diburu pertama adalah jasa cuci mobil .

Seandainya dalam 1 minggu sekali mereka mencucikan mobil atau motornya , berapa jumlah profit yang bisa dihasilkan perhari dari usaha cuci mobil ini ? banyak sekali . Melihat angka pertumbuhan jumlah sepeda motor baru saja sudah tinggi , belum lagi ditambah kendaraan lama yang sudah berumur tentunya tetap akan dipakai dan ini menambah tambang emas bagi Anda bukan ?
Tentukan model tempat cucian mobil atau motor yang akan anda pakai , apakah menyewa tempat dengan tanah yang luas atau jika anda memilki halaman kosong depan rumah itu bisa jadi sebagai sarana yang menjanjikan . Tentunya perbedaan lahan berdampak pada perbedaan peralatan mencuci yang digunakan , jika anda berniat membuka usaha cuci mobil ini didepan rumah maka peralatan seperti ember , selang air , sabun , lap , sikat adalah hal yang wajib dimiliki . Sedangkan jika anda ingin membuka usaha cuci mobil yagn tampak profesional maka setidaknya anda harus memiliki alat pencuci kompresor atau biasa disebut steam wash .

Beda peralatan beda pula modal yang harus anda keluarkan , semakin profesional jasa yang anda tawarkan semakin besar pula tarif yang bisa dikenakan dan ini berbanding lurus dengan omzet yang dihasilkan baik itu perhari , perminggu atau perbulan . Nah , sebelum membuka usaha cuci mobil , ada baiknya anda mempersiapkan sarana dan prasarana berikut ini agar pengunjung tidak merasa menyesal ketika mencoba jasa anda , berikut tipsnya :

1.    Cari lokasi strategis

Lokasi strategis bisa dekat SPBU , Mall , swalayan , pasar , sekolahan . Intinya dimana ada banyak kendaraan bermotor hilir mudik maka tempat itulah yang cocok . Kalaupun anda membuka usaha ini di rumah , pastikan  rumah anda berada dipinggir jalan raya yang memiliki akses mudah ke tempat anda .

2.    Buka warung makan atau tempat hiburan

peluang usaha rumahan
usaha rumahan cuci motor dan mobil

Jika memang anda tak punya modal besar untuk menyewa tempat di sekitaran tempat-tempat strategis sehingga anda memilih untuk membuka di rumah , maka ada baiknya anda membuka warung makan kecil-kecillan sebagai usaha diversifikasi . Pengunjung tentu akan merasa bosan jika harus menunggu antri lama mencuci mobil , mereka pasti akan mencari hiburan atau makanan di luar area cuci mobil . Daripada mereka keluar , lebih baik anda sediakan saja . Anggap saja sebagai simbiosis mutualisme .

3.    Buat brosur iklan

Jangan heran jika usaha cuci mobil anda sepi lantaran sepi pengunjung . Jangan salahkan pengunjung yang tidak mau mencoba jasa anda , tapi instropeksi dirilah kenapa usaha ini sepi . Tentu saja sepi karena anda tidak rajin mengiklankan atau memberitahu khalayak ramai bahwa anda membuka usaha cuci mobil . Maka dari itu , sangat penting membuat brosur atau selebaran kertas sebagai sarana iklan yang bisa anda gunakan . Bisa juga dengan membuat iklan di radio , memberitahu teman . Biasanya temanlah yang akan menjadi viral marketing , istilahnya mulut ke mulut .

Itulah 3 tips memulai usaha rumahan cuci mobil yang bermanfaat . Semoga anda yang sedang membuka usaha jenis apapun tetap diberi kelancaran dan kemudahan oleh Tuhan YME . Amien


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
2 November 2014 at 04:27 ×

terima kasih atas informasinya bisa menjadi rujukan nih

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment