6 Keuntungan Bisnis Sampingan Kost-Kostan

Dalam artikel usaha rumahan ibu rumah tangga , disitu terdapat usaha rumahan kost-kostan yang bisa dijalankan siapa saja entah itu ibu rumah tangga , karyawan , mahasiswa , dan masyarakat umum . Bisnis rumahan kost-kostan saat ini sudah menjamur dimana-mana , fenomena urban masyarakat sekarang yang mencari pekerjaan di luar kota , atau menimba ilmu di luar kota merupakan faktor yang menyebabkan mengapa bisnis rumahan kost-kostan ini laku keras dan menguntungkan .

bisnis sampingan
keuntungan bisnis rumah kost-kostan
Menjalankan bisnis ini tak perlu mengontrol seharian layaknya bisnis toko konvensional , karena prosesnya bisa dijalankan otomatis tanpa perlu kehadiran pemilik kost-kostan . Tipe bisnis kost-kostan ini bisa disebut sebagai bisnis sampingan yang menggiurkan karena bisa jadi pendapatan dari usaha ini jauh lebih besar daripada gaji bulanan yang Anda dapatkan . Besar-kecilnya pendapatan kost-kostan ini tergantung seberapa banyak jumlah kamar/rumah yang disediakan dan banyaknya orang yang menyewa kamar/rumah . Mirip dengan bisnis properti namun dalam skala kecil , berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh jika Anda membuka bisnis sampingan kost-kostan .
usaha sampingan
usaha rumahan rumah kontrak

•    Modal awal besar

Untuk membuka bisnis sampingan kost-kostan ini , Anda membutuhkan modal yang cukup besar . Tentunya modal ini digunakan untuk membuat beberapa petak kamar yang bisa anda jadikan sebagai ladang emas nantinya . Jika anda memiliki sebidang tanah yang cukup luas , modal yang Anda keluarkan relatif lebih sedikit daripada yang belum memiliki tanah . Kenaikan harga bahan bangunan tiap tahun , tak menyurutkan masyarakat untuk membuat rumah atau bangunan , bahkan setiap tahun cenderung meningkat karena bisnis ini bisa dijadikan sebagai dana pensiun Anda dihari tua.

•    Pemilihan tempat yang strategis

Orang yang membutuhkan kost-kostan biasanya para pekerja dari luar kota ataupun mahasiswa luar kota . Jarang orang biasa yang bersedia untuk menyewa kamar dalam jangka waktu lama , karena kebutuhan akan kost-kostan ini sebenarnya hanya untuk tempat tidur dan menyimpan barang bawaan . Kehadiran para penyewa kost tidak akan melebihi dari 10 jam karena aktifitas diluar , apalagi seorang mahasiswa yang memiliki jadwal padat , menyewa kamar hanya diibaratkan untuk penitipan barang saja .

Terlepas dari kebiasaan ataupun kondisis penyewa kamar kost , tentunya anda harus mencari tempat strategis yang dekat dengan lokasi pabrik untuk pekerja ataupun kampus . Bersyukur jika rumah yang akan anda sewakan dekat dengan salah satu bangunan pabrik atau kampus , pastinya ketika awal tahun ajaran baru atau sehabis lebaran , rumah kost Anda akan didatangi para pencari kamar sewa .

•    Tidak perlu keahlian khusus

Untuk menjalankan bisnis rumahan ini , Anda tidak dituntut untuk memiliki keahlian / ketrampilan khusus untuk menunjang bisnis . Cukup sediakan modal diawal , lalu anda bisa tetap bekerja diluar rumah dan anda akan mendapatkan “gaji pasif” tiap bulan tanpa bersusah payah bekerja di luar rumah .

•    Perawatan mudah

Yang namanya bisnis , baik itu bisnis sampingan , bisnis rumahan , bisnis online , bisnis nyata tetap membutuhkan perawatan yang baik setiap harinya agar bisa berjalan terus . Nah untuk bisnis kost-kostan ini perawatan yang harus dijaga sangatlah mudah . Anda bisa menyuruh atau menugaskan karyawan untuk bersih-bersih rumah , membayar tagihan listrik , membersihkan kamar mandi dan pengelolaan sampah .

Para penyewa pasti akan merasa senang jika kamar atau rumah yang ia sewa selalu bersih , sedangkan para penyewa tidak memiliki waktu untuk membersihkan area kost-kostan karena keterbatasan waktu sehingga pemilik kost-lah yang bertanggung jawab akan kebersihan kost-kostan tersebut .

•    Tidak perlu kehadiran setiap hari

Bisnis rumahan kost-kostan ini tidak memerlukan kehadiran Anda setiap hari untuk memantau jalannya bisnis sehingga anda tetap bisa bekerja diluar rumah . Dengan kelebihan inilah , bisnis rumahan kost-kostan ini bisa dijadikan bisnis sampingan menggiurkan yang menjanjikan , terlebih jika Anda mengingikan dana pensiun dini maka ini merupakan solusi tepat .

bisnis sampingan karyawan
bisnis sampingan menggiurkan

•    Keuntungan didepan mata

Bisnis ini tidak seperti jualan produk yang bisa kena rugi . Bisnis kost-kostan hampir dipastika menguntungkan setiap saat . Pendapatan yang diperoleh berbanding lurus dengan jumlah kamar yan g disediakan dan jumlah penyewa kamar . Semakin banyak kamar yang disewa semakin besar pula pendapatan yang didapat . Akan tetapi , tarif yang Anda tentukan juga harus berbanding lurus dengan fasilitas yang disediakan dan juga melihat kompetitor .

Untuk tarif normal di kota-kota besar seperti Bandung , Surabaya untuk kawasan Perkampusan , tarif perbulan berkisar antara Rp 200.000-Rp 400.000 untuk kamar dengan fasilitas non ac , kamar mandi di luar , ukuran kamar 3x4 m . Sedangkan untuk kamar VIP dengan fasilitas ac , kamar mandi dalam , ukuran 3x4 tarif yang dikenakan sebesar Rp 500.000- Rp 800.000 . Dan yang tak kalah penting adalah akses menuju tempat aktifitas , semakin dekat dengan lokasi semakin mahal pula harga yang dikenakan meskipun fasilitas yang didapat normal .

artikel lain : faktor pendongkrak bisnis kost

Bisa anda hitung kasar sendiri jika anda memiliki 10 kamar dan dalam satu bulan ada 10 orang yang menyewa kamar , tarif yang anda patok sebesar 300ribu . Dalam satu bulan Anda akan mendapatkan omzet 3juta rupiah , angka ini belum dipotong untuk pemeliharaan akses listrik , air pdam dan untuk menggaji karyawan (apabila ada) . Tentunya masih lebih dari cukup profit yang bisa dihasilkan meskipun Anda tidak perlu keluar rumah untuk bekerja .

Itulah 6 keuntungan bisnis sampingan kost-kostan yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang mengingikan bisnis sampingan mudah modal kecil menjanjikan . Semoga bermanfaat .
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
9 September 2014 at 13:17 ×

nanti saya postingkan , lagi sibuk dengan toko online soalnya

Balas
avatar
admin
19 June 2015 at 14:55 ×

sangat menggiurkan ya, sepertinya pengahasilannya banyak, yang perlu kost banyak, apa lagi kalo lokasinya dekat kampus, terimakasih infonya sangat memotivasi sebelumnya saya juga sering baca peluangproperti.com disana banyak berita2 bagus juga

Balas
avatar
admin
26 February 2016 at 08:39 ×

wah bisnis yang cukup bagus ya

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment