5 Tips Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Menjalani dua pekerjaan sekaligus bagi setiap individu merupakan hal tersulit yang bisa dilakukan , merangkap posisi sebagai pekerja kantoran disiang hari dan mengurus bisnis sampingan di rumah pada malam hari sepulang kerja merupakan hal yang harus manajemen oleh karyawan yang ingin membuka usaha sampingan di rumah . Alasan mengapa seorang karyawan memilih untuk membuka usaha sampingan itu diantaranya menambah keuangan keluarga , ingin segera resign dari kantor karena pekerjaan yang monoton , juga ingin menambah pengalaman yang nantinya bisa diaplikasikan sewaktu kita pensiun atau terjadi hal yang tidak diinginkan di kantor .

Beberapa karyawan swasta di kota-kota besar seringkali  memiliki jam kerja yang overtime , bahkan ada yang sampai membawa berkas-berkas pekerjaan ke rumah . Tujuannya adalah untuk segera menyelesaikan tugas , daripada ditunda-tunda akhirnya numpuk tidak selesai lebih baik dibawa ke rumah . Namun , sejatinya pekerjaan seperti ini sangatlah buruk . Buruk bagi anda dan juga keluarga . Buruk bagi anda karena sepanjang waktu yang ada , Anda hanya disibukkan dengan masalah kantor , siang malam bergelut dengan pekerjaan kantor tanpa ada waktu untuk pengembangan diri atau beristirahat . Anda tidak memiliki waktu untuk mengembangkan kreatifitas yang anda miliki .
Buruk bagi keluarga juga jelas , Anda yang sudah berkeluarga ataupun belum tidak akan menikmati waktu bersantai dengan keluarga baik itu untuk makan malam , menonton film atau bermain (olahraga) . Tentunya , menjadi karyawan seperti itu tidak bisa mandiri terlepas dari rutinitas kerja yang menyita waktu . Anda tidak bisa menggapai impian membuka usaha rumahan yang anda kelola , kalaupun anda menyiasatinya dengan merekrut karyawan , tetap saja hasilnya akan nihil karena anda tidak terjun langsung saat permulaan .

Nah , berikut ini adalah tips-tips usaha sampingan untuk pekerja kantoran , baik pekerja kantoran yang super sibuk ataupun sedang saja , bisa anda implementasikan ke rencana bisnis anda dimasa datang atau sekarang .

1.    Jangan jadi karyawan di rumah


tips usaha sampingan
karyawan sibuk

Maksudnya jangan jadi karyawan di rumah itu adalah anda tidak boleh membawa tugas dari kantor ke rumah kalau anda ingin membuka usaha rumahan atau usaha sampingan . Alasan sangat jelas , membawa pekerjaan ke rumah selain itu mengganggu waktu istirahat anda , juga mengganggu anggota keluarga . Gaji tak seberapa , tapi pusingnya minta ampun tentu siapa yang tidak jengkel , bahkan anda sendiri yang melakoninya .

Usaha sampingan di rumah tentunya bisa menjadi usaha utama , manakala profit yang bisa dihasilkan bisa mencapai lebih dari gaji utama di kantor . Ada berbagai macam usaha sampingan untuk karyawan , diantaranya dropshipping , bisnis online dll .

Baja juga Artikel tentang Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga

2.    Tentukan target 

tips usaha sampingan
target

Apa tujuan anda memilih untuk menjalankan usaha sampingan , apakah untuk menambah pundi-pundi uang , menambah pengalaman , ikut-ikutan teman atau justru ingin segera resign dari tempat kerja lantaran kerja monoton . Apapun tujuan anda , anda sudah selangkah lebih maju daripada kompetitor . Dengan memiliki tujuan , setidaknya itu bisa menjadi motivasi untuk terus maju hingga mencapai kesuksesan dari usaha sampingan .

3.    Menyusun rencana usaha

Apapun jenis usaha rumahan anda , patut kiranya untuk menentukan rencana baik rencana jangka panjang ataupun rencana jangka pendek . Rencana itu diantaranya strategi produksi (jika anda membuka usaha rumahan produksi pakaian/pangan), strategi marketing (pemasaran yang akan anda tempuh) , sistem keuangan . Memiliki rencana akan menuntun anda ke arah bisnis yang sukses .

4.    Memiliki jadwal 

Karena anda tidak memiliki waktu yang terlalu banyak di rumah , maka menulis jadwal kerja untuk usaha rumahan anda bisa dijadikan patokan manajemen waktu . Seringkali , para pelaku bisnis pemula tidak punya jadwal kerja sehingga bisnis yang dimilikinya tidak berkembang .

5.    Harus istirahat

tips usaha
istirahat

Karena siang hari anda sudah bekerja , dan setelah pulang kerja anda harus disibukkan dengan mengurus usaha rumahan . Tak pelak , rasa lelah yang dahsyat bisa terjadi pada tubuh anda . Dan jika berlarut-larut , anda akan sakit . Untuk itu , beristirahatlah ketika anda sudah merasa tidak mampu untuk beraktifitas , beristirahatlah agar pikiran menjadi segar dan anda bisa menyusun strategi yang jitu .
Itulah 5 tips usaha sampingan untuk karyawan perkantoran , semoga anda yang masih menjadi karyawan bisa belajar dari informasi yang saya sampaikan ini .
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
2 February 2017 at 22:29 ×

Harus fokus meski secara santai dikerjakan, yakin bahwa pekerjaan sampingan terebut akan menghasilkan

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment