4 Cara Usaha Rumahan Dapat Modal

Disaat ekonomi yang serba sulit ini , menjadi pekerja disebuah perusahaan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga . Terlebih lagi harga-harga pangan yang semakin naik menjulang lantaran kenaikan harga BBM yang semakin tinggi tak terelekkan . Mungkin anda beruntung jika karir saat ini adalah menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang notabene merupakan pekerjaan yang disayang sama pemerintah . Tak peduli harga bbm naik tinggi , setiap bulannya selain gaji pokok yang diterima juga ditambah tunjangan-tunjangan yang jumlahnya melebihi gaji pokok . Lantas bagaimana dengan kaum buruh atau karyawan swasta ?

Tentunya , dengan hanya menjadi kaum buruh atau karyawan swasta di Indonesia dengan gaji UMR setempat , apalagi anda sudah berumahtangga , dijamin uang gajian hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa bisa menabung . Nah , beberapa dari Anda yang menjadi kaum buruh , karyawan swasta atau bahkan pengangguran memiliki ide kreatif yakni dengan cara membuka Usaha Rumahan . Namun , bukanlah perkara mudah seperti membalikkan telapak tangan dalam membuka usaha , termasuk usaha rumahan modal kecil sekalipun . Permasalahan yang menghinggap hingga sekarang biasanya berkutat pada modal yang dimilikinya , pemikiran “buat makan aja susah , masak mau bikin usaha yang belum tentu berhasil , mikir !” masih bersarang dibenak masyarakat .

cara dapat modal
modal usaha rumahan

Jika anda masih berpikiran kolot seperti itu , ada baiknya anda buang-buang jauh . Membuka usaha tak selalu berhadapan dengan modal . Memang , beberapa jenis usaha rumahan ada yang butuh modal banyak seperti usaha rumahan cuci mobil . Namun bukan berarti anda yang tidak punya modal lantas menyerah begitu saja dan pasrah bukan ? teori ekonomi klasik pun menjelaskan bisnis memerlukan tiga faktor dan salah satu dari ketiga faktor yang penting itu adalah modal materi .Karena sifatnya yang tidak bisa dielakkan , maka saya akan berbagi cara mendapatkan modal usaha dengan mudah .

Berikut ini adalah tips mendapatkan modal dengan mudah untuk usaha rumahan , sehingga setelah membaca artikel ini diharapkan anda tidak bingung lagi mau cari modal usaha dimana , karena disekliling anda pun sebenarnya sudah tersedia .

 •    Pinjam uang sama teman , keluarga , dan kerabat

cari modal usaha
mendapat modal usaha
 Pinjam uang sama teman , keluarga dan kerabat untuk mendirikan sebuah usaha bisnis rumahan merupakan cara termudah yang bisa Anda tempuh . Memang tidak direkomendasikan bahwa memulai usaha dengan cara meminjam uang , tapi mau bagaimana lagi . Kita ingin merubah nasib tapi uang tidak punya ya dengan cara inilah kita bisa dengan mudah dapat modal .

baca juga : dilema hutang ke kerabat

Setidaknya dengan pinjam uang sama kerabat , teman atau keluarga , anda tidak perlu takut dikejar-kejar hutang layaknya ketika anda pinjam uang dengan Bank . Tentunya anda diwajibkan untuk melunasi hutang , akan tetapi jika kerabat anda orangnya ringan tangan tentu tak bermasalah jika anda belum mampu melunasi hutang dalam jangka waktu yang ditentukan .

•    Ikut program kewirausahaan Pemerintah

Pemerintah saat ini sedang menggalakkan berbagai macam program kerja diantaranya program bantuan kewirausahaan . Yakni dengan cara meminjamkan modal kepada masyarakat yang ingin membuka usaha , cara pelunasan pun terbilang lebih lembut daripada pihak Bank . Bantuan kewirausahaan disalurkan ke tingkat desa/kelurahan setempat yang dikelola oleh BKM atau LSM . Proses pengajuan modal pun terbilang sederhana , anda langsung datang ke kantor BKM Kelurahan lalu menanyakan prosedur yang harus ditempuh .

Setelah semua prosedur kita lalui , maka tahap selanjutnya adalah meninjau kelayakan usaha yang sedang atau akan anda buat . Setidaknya dengan cara ini , modal bisa diraih dengan mudah .

•    Jual barang bekas

mencari modal usaha
mencari modal usaha dengan jual barang bekas

Salah satu cara termudah ketiga untuk mendapatkan modal yaitu dengan menjual barang bekas . Tentunya barang bekas yang tidak terpakai dan memiliki nilai jual tinggi . Dicari saja barang yang tidak terpakai di rumah yang sekiranya jika dijual harganya bisa lumayan . Manfaatkanlah situs jual beli listing untuk menjual barang bekas karena cepat laku .

•    Merantau ke Luar Negeri jadi TKI

Hampir semua orang yang pergi ke luar negeri untuk jadi TKI pastinya memiliki rencana matang ketika nantinya pulang ke tanah air untuk selamanya . Tak mungkin kan kita menjadi TKI hingga akhir hayat ? dengan menjadi TKI , pundi-pundi uang pun bisa didapat dengan mudah . Tidak seperti di Indonesia yang mayoritas gaji UMR wilayah masih berkutat diangka 2jt-an bahkan ada yang masih dibawah 1jt rupiah . Dengan menjadi TKI seperti di Malaysia , setidaknya 5jt perbulan bisa didapatkan . Cukup bekerja selama 2 tahun , paling tidak uang 100juta sudah ditangan.

Itulah 4 cara usaha rumahan dapat modal yang semoga bermanfaat untuk kita bersama . Sekarang bukan jamannya lagi anda mengeluh lantaran tidak memiliki modal besar untuk bikin usaha untuk mengubah nasib . Ayo berwirausaha !!

Previous
Next Post »
Thanks for your comment