4 Tips Mencari Suplier untuk Dropshipper

Salah satu usaha rumahan yang bisa dijalankan dari rumah yakni menjadi seorang dropshipper . Dropship menurut wikipedia ialah proses jual beli dimana dropshipper tidak menyetok barang di rumah akan tetapi menghubungi suplier untuk mengirimkan barang kepada pembeli namun dengan alamat dropshipper . Bagi sebagian orang yang ingin mempunyai usaha sampingan tentunya dropship menjadi pilihan yang tepat , disamping kemudahan dalam proses juga bermodal kecil . Paling modal yang kita keluarkan adalah biaya internet (pulsa) dan administrasi bank , serta iklan berbayar jika menggunakan metode marketing berbayar .

Namun , bagi sebagian yang lain menjadi dropshipper ini masih menjadi kendala tersendiri . Alasan berbagai macam yang dikemukakan oleh mereka seperti bagaimana mencari suplier yang mau diajak kerjasama , bagaimana dengan keuntungan yang didapatkan , bagaimana cara beriklan yang baik dan tertarget , dan masih banyak lagi alasan-alasan yang muncul dibenak calon dropshipper . Alasan yang paling kuat adalah bagaimana mencari suplier yang tepat untuk dropshipper dimana bisa diajak kerjasama dalam hal ini nama pengirim dan alamatnya(jarang ditulis)adalah nama dropshipper itu sendiri bukan nama suplier . Jika anda sudah bergelut didunia dropship , tentu bukan sebuah masalah besar untuk menemukan suplier , bagaimana jika dengan pemula ? pasti bingung .

Berikut ini adalah tips mencari suplier untuk dropshipper yang bisa anda pelajari dengan baik , umumnya mencari suplier ini adalah berbau insting anda sendiri artinya pendapat baik atau tidaknya seorang suplier merupakan variasi masing-masing individu atau tidak sama . berikut tipsnya :

•    Mencari suplier di forum 

tips mencari suplier
mencari suplier di forum kaskus

Anda mengenal forum kaskus ? forum terbesar di Indonesia dengan jumlah member mencapai lebih dari 4 juta adalah salah satu forum yang bisa anda coba untuk menemukan suplier . Salah satunya adalah di sub forum bisnis penawaran dan kerjasama BO , Distribusi dan reseller . Di sub forum tersebut bisa kita temukan beragam penjual online atau suplier dari berbagai kota besar dan kecil di Indonesia dengan produk  yang beragam . Coba saja dilihat – lihat , tautan forum kerjasama kaskus .

•    Mencari suplier di marketplace

tips mencari suplier untuk pemula
mencari suplier di marketplace

Hampir sama dengan forum , marketplace di Indonesia juga sudah lumayan banyak jumlahnya . Mencari suplier di marketplace itu susah – susah gampang , karena biasanya merchant atau penjual di situs marketplace tidak menyertakan nomor ponsel ataupun emali sebagai kontak mereka . Para merchant hanya mengandalkan fitur pesan atau diskusi produk pada situs marketplace . Situs marketplace di Indonesia misalnya Tokopedia , Bukalapak , Elevania dan Lamido .

•    Mencari suplier di sekitar Anda

Jika anda tidak ingin menjual produk-produk yang mainstream (sudah banyak yang jual) karena takut bersaing , maka solusi menjual produk unik wilayah anda atau kedaerahan merupakan cara ampuh untuk menjadi dropshipper sukses . Dengan barang yang unik , dan anda merupakan satu-satunya penjual produk tersebut di Internet maka anda mempunyai peluang besar untuk menjadi kaya dari internet dengan berjualan kreasi daerah .

baca juga : usaha rumahan dropshipping

Cobalah amati lingkungan sekitar anda , apakah tempat tinggal atau kawasan sekitar anda memiliki produk unggulan yang bisa dijual . Umumnya setiap daerah di Indonesia memiliki produk unggulan yang unik dan apabila dijual di internet bisa laku keras , misalnya Kota Jepara dengan produk ukiran kayunya , Kota Pekalongan dengan kain Batik , Kota Surabaya dengan kue lapis legit dan masih banyak lagi .

•    Menguji respon suplier

tips mencari suplier tepat
menguji respon suplier

Jika anda sudah menemukan produk ataupun suplier baik di forum kerjasama kaskus ataupun marketplace , ada baiknya anda menguji tingkat kecepatan respon si suplier . Caranya bagaimana ? jika suplier yang anda temukan itu via forum , maka mengujinya dengan mengirimkan pesan sms . Jika suplier tersebut cepat membalas sms anda , maka bisa dijadikan pertimbangan sebagai partner kerjasama kedepannya . Akan tetapi jika lelet , sebaiknya jangan bekerjasama karena nantinya akan merepotkan diri Anda sendiri .

artikel lain : tips memilih suplier di tokopedia

Hampir sama dengan menguji suplier via forum , menguji suplier di marketplace pun juga sama . Namun karena merchant tidak menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi , maka satu-satunya jalan adalah dengan mengirimkan pesan ataupun diskusi produk . Jika mereka membalas dengan cepat berarti iya , jika tidak maka tinggalkan saja .

Kecepatan respon merupakan nilai abstrak , artinya pendapat setiap orang terhadap salah satu suplier itu cepat atau tidaknya dalam merespon pertanyaan konsumen itu relatif . Bisa jadi suplier membalas sms anda terlalu lama karena mereka juga sibuk membalas sms yang lain , atau sedang berada di jalan sehingga tidak memungkinkan untuk membuka ponsel .

Itulah 4 tips mencari suplier untuk dropshipper , bagi anda yang ingin memulai bisnis dropship , sebaiknya cepat-cepatlah sebelum teman anda mendahului . Bisnis dropship merupakan bisnis utama jika anda memperlakukannya dengan sungguh-sungguh .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment