4 Kriteria Produk yang Bisa Dijual Online

Kini belanja online bukan lagi sesuatu yang tabu untuk dilakukan . Gencarnya situs marketplace yang mengiklankan situsnya melalui media massa membuat banyak orang bertanya-tanya apa itu belanja online , bagaimana tatacara dalam belanja online dan seperti apa belanja online . Bagi orang yang masih awam tentu belanja online penuh dengan keragu-raguan yaitu keraguan seperti barangnya bisa terkirim atau tidak , proses pembayarannya bagaimana dan lain sebagainya . Namun , seiring berjalannya waktu keraguan itu mulai sirna dan belanja online sudah menjadi kebiasaan pada masyarakat di Kota besar .

Melihat peluang bisnis belanja online ini , beberapa orang yang melihat potensi manis ini berduyun-duyun mendirikan online shopping yang menjual aneka rupa barang yang dibutuhkan banyak orang . Kini kita bisa menemukan toko online dadakan yang muncul di beranda facebook via facebook ads atau seringkali kita ditandai produk-produk yang dijual oleh pedagang online yang tidak tahu etika . Tentunya , bisnis online shop kini telah menjelma menjadi bisnis yang menggiurkan bagi mereka yang jeli terhadap pasar yang luas mengingat pertumbuhan netizen (warga internet) semakin hari semakin naik jumlahnya .

Untuk mendirikan bisnis online shop sebagai usaha rumahan atau usaha sampingan tidaklah terlalu sulit . Bagi Anda yang punya modal besar atau di rumah sudah mempunyai UKM yang membuat produk kerajinan , bisa langsung menjual secara online . Tapi bagi Anda yang tidak punya modal besar , bisa mencoba bisnis dropship sebagai langkah awal untuk memulai bisnis jualan online . Pertanyaan yang sering muncul adalah produk apa saja yang bisa dijual online ? tentu beragam produk bisa kita jual , namun ada beberapa kriteria lebih spesifik jika kita ingin menjual produk secara online kemudian barang tersebut dikirimkan via kurir ekspedisi .
Berikut kriterianya :

1.    Produk tersebut banyak dicari konsumen

 
4 kriteria produk yang bisa dijual online
ilustrasi pembeli

Ada penjualan lantaran ada pembelian , ya ketika kita menjual barang baik itu nyata atau digital tentulah kita harus mengetahui adakah permintaan untuk produk yang kita jual ? seringkali kita beranggapan bahwa produk saya ini bagus tapi kenapa tidak ada yang membeli ? mungkin bukan masalah pada produknya , melainkan apakah produk tersebut dibutuhkan ? produk yang banyak dicari orang biasanya berupa kebutuhan pokok seperti pakaian dan makanan .

2.    Mempunyai keuntungan minimal 25% lebih

Ada yang beranggapan bahwa setiap produk yang dijual secara online minimal harus mempunyai keuntungan 50.000 rupiah . Sah-sah saja anggapan seperti ini , namun angka 50.000 bisa berarti sangat kecil apabila nilai jual kita melebihi dari 300.000 rupiah . Harga 300.000 rupiah dikenakan kepada pembeli , kita mendapat untung 50.000 berarti kita mendapat 1/6 atau sekitar 17% profit keuntungan . Bandingkan dengan kita menjual produk seharga 30.000 namun kita mendapat keuntungan 15.000 berarti persentase keuntungan 100% .

Tentunya dengan menggunakan persentase , keuntungan kita bisa lebih berkualitas daripada mengejar keuntungan kuantitas .Apalagi untuk dropshipper , lebih baik memilih keuntungan berdasar pada persentase daripada keuntungan dipukul rata harus sekian rupiah . Padahal , produk yang kita jual beragam , sangat tidak masuk akal jika harus mendapatkan keuntungan 50.000 rupiah .

3.    Mudah untuk dikirimkan

4 kriteria barang yang dijual online
paket barang

Produk yang bisa dijual secara online harus memenuhi kriteria mudah untuk dikirimkan melalui kurir . Produk yang bisa dikirm secara kurir memiliki spesifikasi ringan , bentuk padat , mudah dibawa . Misalnya anda menjual pasir secara online , tentu sangat sulit untuk dikirimkan ke luar kota . Begitu pula menjual perkakas pertukangan seperti paku , palu dan lain-lain , benda-benda tersebut tidak bisa dikirimkan karena terlalu berat . Ongkos kirim yang dikenakan ke pembeli akan jauh lebih besar daripada harga barang itu sendiri .

4.    Sesuaikan dengan pasar

Misalnya di dunia nyata anda berjualan sepeda , belum tentu anda bisa sukses di online dengan berjualan sepeda juga . Melainkan bisa berupa pakaian , atau aksesoris handphone misalnya . Begitu juga sebaliknya , di dunia nyata berjualan pakaian belum tentu di dunia maya bisa sukses berjualan pakaian . Nantinya anda akan menemukan pasar sendiri yang sekiranya cocok untuk dijadikan lahan meraup keuntungan dari bisnis online shop .

Itulah 4 kriteria produk yang bisa dijual online . Sebenarnya , semua produk bisa dijual online akan tetapi dari semua itu nantinya disortir kembali , produk apa saja yang masuk daftar mudah untuk dikirim karena hampir sebagian online shop lebih memilih produknya dikirimkan melalui kurir daripada harus didatangi oleh konsumen .
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
18 May 2015 at 06:12 ×

kerenn blog nya,,sangat bermanfaat

Balas
avatar
admin
28 December 2015 at 17:07 ×

Rasanya untuk saat ini barang apa pun bisa dijual beli kan secara online bro

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment