Untung Rugi Beriklan di OLX

Sebagai pebisnis online , trik pemasaran merupakan hal yang tidak bisa dielakkan . Apalagi jika pebisnis online yang bergerak dibidang penjualan online , maka ibaratnya pemasaran itu laksana jalan menuju konversi penjualan . Pemasaran atau marketing online memang mudah dilakukan , ada pilihan yang bisa dipakai oleh pedagang online untuk memasarkan produknya secara online entah dengan cara berbayar atau gratisan . Banyak online shop yang belum tahu bagaimana cara memasarkan produknya yang tepat baik berdasarkan pasar ataupun tempat ia promosi . Dengan ketidaktahuan informasi tersebut , produk yang tadinya bagus jadi sia-sia belaka .

untung rugi iklan di olx
situs OLX

Situs-situs pemasaran untuk produk anda di Indonesia juga beragam , ada yang menawarkan metode classified ,perkumpulan online shop , toko online mandiri dan juga sosial media online shop . Salah satu situs yang termasuk kategori classified terkenal di Indonesia ialah OLX yang sebelumnya tokobagus . Beberapa online shop baik suplier atau produsen langsung begitu juga dengan dropshipper menjadikan situs olx sebagai tempat promosi yang lebih menggairahkan ketimbang situs jual beli lain . Ketenaran olx dibanding dengan situs jual beli lain dikarenakan olx lebih gencar beriklan di TV . Tak hanya olx yang beriklan di tv saja , berniaga juga sama sehingga dua situs jual beli tersebut merupakan jajaran situs classified yang ampuh untuk memasarkan produk Anda .

Namun , ada keuntungan dan kerugian yang kita dapatkan manakala kita beriklan di OLX ataupun situs jual beli listing lainnya seperti berniaga atau forum jual beli . Apa saja keuntungan dan kerugian beriklan di OLX ? apakah keuntungan dan kerugian ini mempengaruhi bisnis online rumahan Anda yang sudah lama berjalan ? kita lihat saja . Berikut uraiannya :

Keuntungan Iklan di OLX :

•    Iklan cepat direspon pembeli

Salah satu kelebihan atau keunggulan yang diberikan situs OLX adalah respon cepat dari pembeli . Setelah iklan kita diterima oleh pengelola situs atau setelah melewati moderasi , tak perlu menunggu lama ponsel kita akan berdering . Pembeli yang sejatinya “potensial” ini langsung menanyakan ketersediaan produk begitu juga dengan lokasi penjual . Kelebihan inilah yang tidak dimiliki situs jual beli listing lainnya sehingga olx menjadi idaman para online shop .

•    Tidak perlu sundul

Dibandingkan dengan forum jual beli seperti fjb kaskus atau fjb lainnya , olx tidak  perlu melakukan pos pada iklan tersebut agar iklan naik ke posisi teratas . Fitur iklan terkait dalam satu wilayah menguntungkan penjual yang memiliki iklan tayang kemarin . Meskipun iklan sudah diposisi bawah , manakala ada iklan sejenis yang baru diposting , otomatis iklan kita akan terlihat juga pada menu iklan terkait .

Sedangkan untuk kerugian beriklan di OLX :

•    Pembeli  kurang edukasi

Mungkin untuk online shop yang memiliki stok sendiri di rumah tak perlu khawatir manakala pembeli dari olx tanya lokasi dimana . Nah , yang jadi masalah adalah bagi dropshipper . Meskipun beberapa pembeli yang menanyakan lokasi penjual bisa digiring menjadi konsumen online , namun mereka kurang mengetahui hakikat jual beli online dengan metode transaksi transfer bank .
untung rugi iklan di olx
kerugian iklan di olx

Permasalahan seperti pembeli tidak punya rekening , tidak tahu cara transfer , tidak punya atm seringkali menjadi tameng alasan pembeli untuk mengurungkan niatnya membeli barang secara online . Kenyataan yang ada , situs OLX yang sejatinya untuk beriklan barang bekas justru digunakan untuk menjual barang baru dan umumnya penjual tersebut tidak menerima opsi ketemuan atau CoD .

•    Harga dibanding-bandingkan

Namanya juga gratisan ,tentu ada kelemahan yang harus diterima . Namun , paling menyebalkan apabila harga dibanding-bandingkan dengan penjual lain . Fitur iklan terkait pada OLX  memang bermanfaat , namun apabila harga yang ada terjadi selisih tinggi antara penjual satu dengan yang lainnya tentu penjual dengan harga terendah yang akan banyak dilihat .

•    Masa tayang iklan terbatas

Normalnya , iklan di olx hanya bertahan selama 7 hari . Setelah itu , iklan kita akan dinonaktifkan meskipun kita bisa menyegarkan iklan namun hanya akan bertahan dalam beberapa hari saja . Maksimal satu bulan tayang .

•    Iklan terbatas

Setiap pengguna di OLX hanya diberikan jatah iklan 10 buah dengan catatan iklan harus beda semua . Apabila kita punya 15 produk utama yang mau dipasarkan , otomatis hanya 10 buah saja yang bisa diiklankan . Meskipun kita bisa mengakali dengan menambah jumlah pengguna , tapi mereka pengelola situs mengetahui bahwa ID pengguna itu milik kita sebelumnya sehingga meskipun ada 10 pengguna yang kita miliki , jatah iklan tetap 10 . Berarti dengan 10 ID pengguna hanya 1 iklan saja per ID yang bisa digunakan .

•    Konsumen suka menelpon

Konsumen dari OLX lebih menyukai menghubungi penjual dengan cara menelpon . Memang terkesan biasa saja atau tidak ada masalah , namun bagi sebagian online shop tata cara menelpon pembeli dari OLX ini kurang sopan dan mengganggu . Otomatis kalau via telepon , kita tidak bisa mengakali konsumen ini untuk menggunakan transaksi transfer bank sebagaimana transaksi jual beli online yang sesungguhnya .

Itulah keuntungan dan kerugian beriklan di OLX , bagi sebagian orang OLX jauh lebih familiar ketimbang situs jual beli lainnya . Namun , hakikatnya beriklan di OLX sama saja dengan pedagang asongan yang suatu saat akan terkena resiko penggusuran . Penggusuran disini bermakna iklan tidak ditampilkan oleh pengelola situs ataupun iklan menghilang . Sebaik-baiknya beriklan atau pemasaran produk secara online adalah dengan membuat toko online sendiri .

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
10 April 2015 at 10:36 ×

mantab sob, makasih artikelnya...

Balas
avatar
admin
10 March 2017 at 03:08 ×

Terima kasih atas informasinya yang sangat penting izin shared buat belajar di rumah

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment