3 Tips Usaha Rumahan Laundry Kiloan

Bagi masyarakat perkotaan yang tidak memiliki waktu banyak , mencuci pakaian bisa menjadi masalah tersendiri yang pelik dan bikin pusing . Apalagi jika seorang mahasiswa atau karyawan perantauan yang tinggal di rumah kontrak atau kost tentu lebih sulit lagi untuk mengatur waktu mencuci pakaiannya sendiri . Tak hanya di kawasan perkotaan yang padat penduduk , di desa pun demikian . Akses sarana air bersih yang sulit , merupakan salah satu faktor yang menjadikan masyarakat desa sulit untuk mencuci pakaian . Biarpun ada sungai yang mengalir , umumnya air tersebut tidaklah jernih melainkan keruh .

Jika anda peka , permasalahan ini bisa menjadi peluang usaha rumahan cuci pakaian atau laundry yang sangat menguntungkan . Adanya sebuah peluang usaha lantaran menjawab atas permasalahan sekitar yang ada . Permasalahan seperti ini terus terjadi seiring berjalannya waktu dan para penjawab masalah atau pelaku usaha juga sudah banyak yang menggantungkan hidupnya pada bisnis laundry kiloan . Namun bagi anda yang ingin membuka bisnis ini , jangan mengecilkan hati karena melihat begitu banyak pesaing . Justru dengan persaingan yang ketat itulah , permintaan akan jasa anda amatlah besar . Berikut ini adalah tips usaha rumahan laundry kiloan yang bisa anda praktekkan untuk membuka usaha ini :

•    Amati Kompetitor anda

3 tips usaha laundry
tempat laundry

Yang pertama kali harus anda lakukan adalah mengamati kompetitor anda . Bagi seorang pemula , kegiatan Amati , Tiru dan Modifikasi ini sangat penting dilakukan agar bisnis anda yang akan dikelola memiliki keunikan tersendiri dibandingkan pesaing sehingga konsumen yang sudah ada bisa berpaling ke anda dengan mudah . Apa yang harus diamati pada kompetitor ? cari tahu saja bagaiman kompetitor anda melakukan proses orderan apakah cepat atau lambat , juga cari tahu berapa mesin cuci yang digunakan , berapa jumlah karyawan yang dipekerjakan , berapa tarif yang dikenakan untuk satu kilonya .

Dengan mengamati perilaku kompetitor anda , setidaknya anda mempunyai gambaran yang jelas akan seperti apa bisnis anda akan dimulai . Apakah ingin menjadi yang terdepan atau justru terbelakang , konsumen selalu menginginkan waktu yang cepat bukan ?

•    Survei Lokasi

Beruntung jika rumah tinggal anda terletak di kawasan hunian (kost-kostan) mahasiswa atau karyawan , karena itulah pasar atau konsumen anda . Bisnis ini memang syarat akan ramai atau banyak penduduk karena pakaian termasuk kebutuhan pokok individual . Jadi , sangat penting untuk menempatkan jasa laundry anda di tempat yang ramai .

baca juga : usaha rumahan ibu rumah tangga

Kalaupun tidak berada di lokasi seperti itu , anda bisa menyewa kios atau rumah kontrak dekat dengan lokasi kost-kostan . Tentunya tak seperti rumah yang dekat dengan kost-kostan yang tidak butuh biaya sewa bulanan atau tahunan . Tapi , demi  kelancaran bisnis anda sendiri tak ada salahnya kan mengeluarkan biaya operasional yang lebih besar daripada sebelumnya .

Kalaupun tidak punya uang untuk menyewa lokasi di sekitaran kampus atau pabrik , anda tetap bisa membuka jasa laundry ini di rumah . Pengguna jasa laundry ini setiap tahunnya meningkat karena tingkat malas dan kesibukan seseorang mulai padat .

•    Harga bersaing

3 tips usaha laundry kiloan
laundry kiloan

Persaingan segala bisnis ada pada harga . Maka dari itu sangat penting untuk menyesuaikan harga pasaran yang sudah ada . Memang , untuk awal-awal sangatlah sulit untuk mendatangkan konsumen ke lokasi laundry anda apabila harga yang anda kenakan sama saja dengan kompetitor yang sudah duluan eksis . Namun cara ini jauh lebik baik daripada anda menurunkan tarif dari pesaing , apalagi kalau penurunannya sangat tajam . Sangat disayangkan . Boleh – boleh saja menurunkan harga , namun bersifat sementara atau diskon selama awal pembukaan , setelah itu harus dinaikkan kembali menyesuaikan pasar yang sudah ada .

Jadi 3 tips usaha rumahan laundry kiloan ini bisa mempermudah anda untuk memulai bisnis laundry dengan benar dan berharap anda bisa sukses darinya . Semoga tips ini bermanfaat bagi anda terutama yang ingin membuka usaha laundry di rumah .
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
12 October 2015 at 13:33 ×

info yang bagus sekali

Selamat agustadryer.com dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment