4 Tips Berjualan Online di Instagram

Tren media sosial saat ini tidak dapat dibendung lagi , jika 4 – 5 tahun lalu kita baru mengenal facebook , friendster dan twitter , kini ditahun 2014 kita sudah disuguhkan berbagai macam media sosial yang memiliki keunikan masing-masing . Contohnya Instagram , Pinterest , Path , BBM dan masih banyak lagi platform media sosial yang terus bermunculan . Salah satu media sosial yang tenar semenjak terkenalnya kepopuleran sistem operasi ponsel Androi dan Ios ialah Instagram , jejaring sosial yang fokus pada berbagi foto ini menjadi salah satu sosial media yang digandrungi anak muda bahkan orang dewasa .
4 tips berjualan online di instagram
logo instagram

Kepopuleran Instagram yakni menjadi penengah dari kedua sosial media terbesar di Indonesia yakni Facebook dan twitter , Instagram mampu memperbaiki kekurangan pada kedua platform jejaring sosial tersebut . Jika di twitter kita sulit untuk mengekspresikan emosional kita karena terbatasnya karakter yang ditulis yakni 140 karakter namun mudah digunakan dan simpel , sedangkan facebook tiada batas dalam hal mengekspresikan emosional namun terlalu ramai dan banyak tampilan iklan dimana-mana , maka Instagram membenahi kekurangan kedua media sosial tersebut dengan menjelma seperti gabungan twitter dan facebook .

Penggunaan jejaring sosial di Indonesia tidak hanya terbatas pada bercengkerema saja , melainkan sudah melangkah kearah bisnis online , seperti berjualan online . Jualan online bisa dikatakan sebagai
usaha rumahan yang bisa dilakukan siapa saja bahkan ibu rumah tangga sekalipun karena dalam proses pelaksanaannya cukup mudah , yakni mempromosikan produk dagangan ke siapa saja dan apabila ada yang berminat dan membeli barang tersebut maka kita sudah mendapatkan keuntungan . Salah satu mempromosikan produk dagangan via internet adalah melalui jejaring sosial dan jejaring sosial tersebut salah satunya Instagram . Lantas , bagaimana cara berjualan online via Instagram ? berikut adalah tipsnya :

•    Membuat akun khusus berjualan

Jika anda berniat untuk mempromosikan produk via instagram , ada baiknya untuk membuat akun tersendiri khusus berjualan . Karena jika digabungkan dengan akun untuk bercengkarama dengan teman-teman , malah akan membingungkan anda sendiri dan kurang nyaman . Setiap hari akan ada pemberitahuan yang tidak bisa disortir apakah itu milik teman atau konsumen . Akan tetapi , jika anda merasa nyaman saja dengan gabungan akun pribadi dan jualan , maka satu akun saja sudah cukup .

•    Gunakan foto asli

tips jualan di instagram
contoh unggah foto di instagram

Jika anda menggunakan ponsel berkamera namun hasil jepretannya jelek , lebih baik gunakanlah kamera saku untuk membidik produk anda agar hasil foto yang diunggah terkesan lebih profesional dan hasilnya bagus sehingga orang-orang yang melihat foto yang diunggah ke Instagram menyukainya . Lantas bagaimana jika seorang dropshipper ? jika anda menjadi dropshipper , maka tak ada cara lain selain menghubungi suplier untuk mengirimkan foto yang tidak pasaran untuk anda , mungkin akan dikenakan tarif tapi tak masalah daripada anda harus keluar kota untuk mengunjungi suplier hanya untuk membidik foto .

Bisa juga anda meminta konsumen anda yang telah membeli untuk memfoto produknya dengan hasil yang baik , tentunya konsumen akan merasa senang atau segan jika dimintai fotonya . Berikan timbal balik yang menguntungkan , setelah anda mendapatkan fotonya , anda bisa mengirimi bonus spesial baik itu pulsa atau hadiah , yang penting itu tidak memberatkan anda .

•    Follow orang-orang yang aktif berkomentar di akun pesaing

Kenapa harus mengikuti orang-orang yang sudah menjadi pengikut di akun pesaing ? tentunya orang-orang yang menjadi pengikut di akun pesaing dan aktif baik berkomentar atau menyukai setiap postingan dari akun pesaing bisa dikatakan sudah pernah menjadi pembeli . Dengan melihat keaktifan mereka , bukan tak mungkin bahwa akun anda juga akan diramaikan dengan celotehan mereka yang tertarik dengan produk anda .

•    Sabar menjawab pertanyaan

Mungkin produk anda baru pertama kali dijual secara online , sehingga calon pembeli tidak tahu fungsi dan manfaat dari produk yang anda jual dan melontarkan pertanyaan sepele seperti “ini buat apa ?” , “apaan sich?” pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang akan membuat anda kesal lantaran sudah menulis keterangan yang panjang lebar namun masih tetap bertanya seperti itu . Jawab semua pertanyaan , mungkin bahasa keterangan yang anda tulis tidak mengena dihati calon konsumen sehingga mereka bertanya , tidak masalah bukan anda menjawab pertanyaan mereka ?

Itulah 4 tips berjualan online di Instagram , semoga anda yang menjajakan produk di Instagram bisa meningkatkan profitnya dari jejarin sosial berbagi foto ini . Jika ada yang kurang paham , silahkan berkomentar ya
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
18 May 2015 at 06:24 ×

memang mantap tulisannya,,keren dan kreatif

Selamat Sekaran Jaya dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment