3 Alasan FJB Kaskus Sepi

Tak bisa dipungkiri bahwa metode berjualan online saat ini terutama mereka yang tak memiliki dana cukup untuk beriklan secara berbayar memilih menggunakan forum jual beli sebagai salah satu media untuk memperkenalkan produk mereka secara online . Terserah anda masih berstatus dropshipper atau suplier atau afiliator sekalipun , tentu memanfaatkan sebanyak-banyaknya media untuk beriklan baik secara gratis atau berbayar sangatlah penting . Apalagi dijaman sekarang dimana pesaing-pesaing baru bermunculan setiap hari sehingga jika kita tidak getol dalam mempromosikan produk bisa diserobot orang lain .

Salah satu platform forum jual beli di Indonesia yang digandrungi adalah FJB Kaskus , tentu anda tidak asing dengan forum Kaskus dengan aneka panggilan-panggilan khasnya seperti gan , sis , ngacir , maho dll . Tak bisa dipungkiri bahwa Kaskus adalah forum terbesar di Indonesia dengan member 4 juta lebih , tentunya ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi mereka yang menjual produknya di fjb kaskus . Apalagi sebagai penggelut usaha rumahan baik itu dropshipping , produsen barang lokal bisa mencoba FJB Kaskus untuk memperkenalkan produknya tanpa harus membayar sepersenpun alias gratis . Banyak yang beranggapan bahwa FJB Kaskus sangatlah ampuh untuk menghasilkan penjualan online , tapi apakah benar di 2014 ?

Dulu , saya sendiri mengamini bahwa forum jual beli kaskus itu sangat ampuh untuk mendulang penjualan dari sana namun kenyataanya sampai sekarang sudah satu tahun berlalu hanya 1 orang perbulan saja yang membeli barang-barang yang saya jual . Mungkin jika era 2011 kebawah , FJB Kaskus masih bagus untuk dijadikan platform media beriklan gratis untuk meraup penjualan yang maksimal , namun sekarang sudah tidak begitu terlalu bagus dan banyaknya pesaing serupa yang menawarkan kelebihan tersendiri dibandingkan FJB Kaskus , berikut ini adalah alasan kenapa FJB Kaskus sepi . berikut uraiannya :

1.    Maraknya Penipuan belanja online

Fenomena penipuan belanja online yang sempat merajelela membuat masyarakat mulai berpikir tentang cara belanja yang aman . Jika awal kemunculan tren fenomena belanja online adalah karena rasa penasaran , sehingga mereka tak segan untuk mentransfer uang terlebih dahulu dan kenyataanya barang tidak juga dikirim membuat konsumen resah dan beralih kembali ke platform belanja konvensional .

Karena kemudahannya membuat lapak baru di FJB Kaskus , seorang penipu bisa membuat puluhan hingga ratusan lapak atau thread sebagai cara mempromosikan barang dagangan . Tak perlu bayar , tak perlu disundul , biarkan apa adanya dan tunggu sms datang , begitulah model penipuan online di fjb kaskus . Kasusnya sama , yakni korban disuruh transfer terlebih dahulu namun barang tak jadi dikirim .
3 alasan fjb kaskus sepi
lapak fjb kaskus

Meskipun sekarang penipuan belanja online sudah mulai redup namun dampak ini berakibat fatal pada aktifitas belanja online sebenarnya . Yang diuntungkan adalah pihak jasa Rekening bersama ataupun situs-situs marketplace , dimana setiap transaksi terjadi pihak ketiga membebankan biaya tambahan kepada pembeli atau penjual sebagai imbalan atas jasa mereka dan penjual yang bermodal minim menangis lantaran barang dikirim terlebih dahulu namun uang dibayar setelah barang diterima.

2.    Aksi spam

Karena kemudahannya dalam proses registrasi , begitu pula dengan pembuatan lapak yang sama mudahnya seperti proses registrasi membuat pengguna kaskus bisa leluasa untuk membuat id pengguna sebanyak-banyaknya dan memposting lapak sebanyak-banyaknya agar produknya bisa terkenal atau dilihat banyak orang . Cara kerja forum jual beli ialah setiap ada postingan baru maka postingan tersebut akan berada di posisi puncak , dan lapak yang tidak pernah disundul atau dipost akan tenggelam . Dan akhirnya orang-orang berpikir bahwa biar mudah lebih baik banyak lapak yang dibuat tanpa harus disundul setiap hari .

3.    Kalah saing dengan situs e-commerce

Bisa dikatakan jualan barang yang sama di FJB Kaskus dengan olx akan jauh lebih laku di olx , kenapa ? masyarakat awam lebih paham atau kenal dengan situs olx apalagi jika kita berjualan produk-produk untuk wanita atau orang tua , mereka larinya ke situs jual beli listing untuk mencari barang .Keunggulan lain yang dimiliki situs jual beli listing seperti olx , berniaga adalah menampilkan iklan terkait sehingga penjual tidak perlu menyundul setiap saat namun cara  ini seringkali hanya menguntungkan mereka yang berjualan harga murah , namun rezki tidak bakal kemana , bukan ?Meskipun forum jual beli lainnya juga menampilkan forum terkait layaknya situs jual beli namun kurang terkenalnya forum jual beli tersebut membuat fitur tersebut sia-sia belaka .
alasan fjb kaskus sepi
situs tokopedia

Selain kalah dengan situs-situs jual beli listing , fjb kaskus dkk juga kalah bersaing dengan situs marketplace yang menawarkan jasa escrow “gratis” seperti tokopedia , bukalapak dimana jasa rekening bersama yang menyatu dengan proses keranjang belanja yang tidak bisa dimiliki oleh jasa penyedia rekening bersama independen yang biasanya bertransaksi menggunakan SMS .

baca juga : untung rugi bbm untuk jualan online

Mungkin bagi sebagian orang justru dari FJB Kaskus-lah usahanya yakni jualan online atau produk yang ia buat malah tambah laris , laku , terkenal dan sebagainya namun dibeberapa orang justru tampak sepi dari awal . Entah karena ketidaktahuan yang menyebabkan sepinya lapak atau memang FJB Kaskus mulai sepi ditinggalkan pembeli .
Previous
Next Post »

14 comments

Click here for comments
28 January 2015 at 23:12 ×

terima kasih informasi yang sangat bagus ini :D

Balas
avatar
admin
29 January 2015 at 17:32 ×

terima kasih telah berkunjung ke blog ane gan

Balas
avatar
admin
Anonymous
10 February 2015 at 19:12 ×

Olx bukannya lebih banyak penipu? :v kaskus kan ada rekber,, makanya pake rekber,, klo ga tau rekber tanya google,, :v

Balas
avatar
admin
22 May 2015 at 14:18 ×

betul gan.. lapak ane gakda yang nyenggol blas :ngakak
====================================
Banyak Pilihan Motif dan warna Kubah enamel gan, disini

Balas
avatar
admin
22 July 2015 at 20:36 ×

Walaupun ada rekber di kaskus, tetapi pembeli masih harus keluarin biaya tambahan.
Di situs sebelah lbh mudah banding harga utk barang yang sama.

Balas
avatar
admin
27 July 2015 at 11:15 ×

memang di kaskus rekber harus ada biaya tambahan , entah itu berupa persentase dari harga barang atau juga fee . namun membeli di fjb kaskus atau penjual pribadi lebih enak dihubungi secara pribadi ketimbang beli di toped , di toped kan gak boleh kasih no hp . semisal anda beli barang / produk kegunaan dan ternyata pas diterima anda tidak tahu cara menggunakannya anda bisa tanya via bbm/wa

Balas
avatar
admin
29 July 2015 at 14:48 ×

iya.. sekarang FJB sepi yah.. yg ngeview dikit ... yah tapi tetep usaha.. rejeki udah ade yg ngatur.. ya gak.. semoga kaskus kembali jaya lagi (fjb khususnya)

Balas
avatar
admin
23 October 2015 at 08:14 ×

kalau udah punya rekber di kaskus apakah postingan / iklan di fjb kaskus masih bisa di bannet?

Balas
avatar
admin
23 October 2015 at 08:17 ×

gimana caranya buat rekber? mohon penjelasannya...!!!

Balas
avatar
admin
7 November 2015 at 02:47 ×

Maksudnya membuat usaha rekber atau hanya ingin menggunakan jasa rekber? Kalau hanya ingin menggunakan jasa rekber caranya cukup mudah yaitu mendaftar di forum dimana tempat rekber tersebut menawarkan jasanya.

Kalau membuat usaha rekber itu bukan hal yang mudah. Anda harus memiliki modal awal yang lumayan besar untuk inventaris, keperluan perijinan badan usaha (SIUP untuk CV atau PT) melalui notaris, memiliki beberapa rekening bank yang umum digunakan (misal BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB, dll). Kemudian Anda juga setidaknya harus mengerti masalah hukum, mampu untuk melakukan verifikasi dan penelusuran terhadap pengguna jasa (baik itu pembeli dan juga penjual). Karena kalau nggak gitu maka Anda sendiri yang nantinya malah kena tipu.


Balas
avatar
admin
25 November 2015 at 21:39 ×

menurut saya..sepinya fjb kaskus dan fjb2 lainnya ( jualan online sepinya merata ga cuma kaskus aja)
Byk group2 jual beli di facebook juga sepi.
Ini menurut saya lebih di karenakan kemudahan dlm mengakses internet sehingga udah campur aduk yg ga ngerti ilmu jualan pun ikut jualan.
Berbagai lapisan masyarakat sehingga kredibilitas seller juga menurun krn byknya seller abal2.. ciri seller tsb adalah..psg hrga ngawur..(lebih mahal dari toko) jualan ga konsisten..udah deal mendadak di batalin krn merasa terlalu murah dsb...kelakuan2 semacam ini membuat pembeli males krn kapok..
-penghuni kaskus- (lanjut bawah gan..:D)

Balas
avatar
admin
9 January 2016 at 16:12 ×

Kayaknya olx iklanya lebih fresh ane pernah beli produk dari olx
Tokopedia vs Bukalapak

Balas
avatar
admin
4 February 2016 at 10:55 ×

iya kaskus sepi,,sepi bangetttt

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment