7 Cara Pemasaran untuk Dropshipper

Berjualan online kini bukan lagi sesuatu hal yang dianggap tabu . Jika dulu kita berpikiran mustahil mendapatkan uang dari internet , sekarang kita bisa melihat beberapa orang bahkan banyak yang mendulang jutaan hingga puluhan juta rupiah dari aktifitas jualan online . Berjualan online sejatinya tidak memerlukan keahlian khusus yang ribet , cukup bermodal kesabaran dan rajin mengiklankan produk supaya dilihat banyak orang itu sudah cukup . Namun , tak semua orang yang melihat produk anda itu tertarik untuk membeli , bukan ? banyak faktor yang mempengaruhinya .

Nah , untuk dropshipper yang tidak punya stok barang sendiri di rumah karena sifatnya hanyalah membantu menjualkan produk orang lain juga sama saja dengan pemasaran-pemasaran yang dilakukan oleh penjual besar . Bahkan jika anda dropshipper yang pandai dalam hal marketing online , bisa mendapatkan profit tinggi meskipun tidak punya barang sendiri . Bisnis dropship itu sendiri termasuk usaha rumahan yang menjanjikan , jika pemeliharaan atau pengelolaannya disamakan dengan usaha utama , beberapa orang menganggap bisnis dropship hanyalah pijakan pertama dalam dunia bisnis online terutama yang memilih jualan produk .

Bagaimana cara pemasaran produk untuk dropshipper ? pemasaran online seperti apa yang seharusnya dianut oleh pelaku bisnis dropship agar setiap harinya bisa melakukan penjualan dan profit perbulannya bisa bertambah terus tak terhingga , berikut ini adalah cara pemasaran yang tepat untuk dropshipper :

1.    Melalui Situs jual beli listing

Pertama , manfaatkan dahulu situs-situs gratis yang bisa diliihat banyak orang agar produk anda cepat laku . Laku atau tidaknya produk yang dilisting di situs jual beli umumnya berdasarkan sifat produk tersebut , jika barang yang anda jual sifatnya unik tidak bisa dibeli di kota calon pembeli atau hanya ekslusif dijual online maka anda bisa mendapatkan penjualan 1-3 produk perharinya hanya melalui situs jual beli listing seperti OLX . Akan tetapi , jika produk anda tidak unik misalnya kaos distro yang banyak dijual di outlet-outlet tentu dalam satu bulan anda bisa menjual 1-2 kaos itu sudah bagus .

2.    Forum Jual Beli

7 cara pemasaran untuk dropshipper
fjb kaskus

Naik ketingkat dua , anda bisa memanfaatkan forum jual beli sebagai cara pemasaran online gratis untuk dropshipper . Forum jual beli seperti FJB Kaskus , FJB detik atau FJB Kompas adalah beberapa forum jual beli yang memiliki member banyak dibandingkan forum jual beli lainnya . Sifatnya hampir sama dengan situs jual beli , Cuma anda tidak terikat dengan masa aktif iklan yang ditentukan seperti di situs olx . Hanya saja , jika lapak yang anda buat di forum jual beli tersebut tidak sering di posting maksimal 3x sehari , lapak anda akan terlempar ke posisi belakang .

3.    Grup Jual beli facebook

Grup jual beli di facebook juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pemasaran online , caranya anda harus memiliki akun facebook lalu gabunglah di grup jual beli daerah-daerah yang memiliki member aktif banyak minimal 20.000 keatas . Mengapa harus memilih grup dengan jumlah member banyak ? tentunya untuk meningkatkan peluang iklan anda dilihat banyak orang . Apakah orang itu tertarik atau tidak , itu terserah mereka .

4.    Perbanyak sosial media

Facebook , twitter , instagram , path , google+ semuanya harus anda coba untuk meningkatkan penjualan produk anda . Di facebook anda bisa membuat akun pribadi khusus untuk berjualan , atau membuat fanpage . Twitter , instagram juga sama yakni sering memposting produk lalu diberi hastag yang mengandung kata jual atau nama produk . Di google+ juga sama . Perbanyaklah postingan terbaru yang berkaitan dengan produk anda untuk menjaring konsumen .

5.    Update status BBM

Meskipun BBM memiliki kelemahan untuk online shop namun anda masih bisa memanfaatkan aplikasi pesan instan untuk menjaring konsumen baru . Sifatnya yang cerewet menjadikan bbm cocok untuk menghipnotis calon konsumen dengan penawaran via update status yang berkaitan dengan produk atau pesan siaran .

6.    Melalui toko online

5 cara diatas tergolong gratisan , dengan toko online maka anda akan memikirkan biaya bulanan atau tahunan untuk sewa hosting , beli domain dan lain-lain . Cara pemasaran melalui toko online merupakan teknik pemasaran untuk dropshipper yang kompeten , cara inilah yang sejatinya harus dikuasai oleh semua penjual online . Karena dengan toko online , pembelilah yang akan mencari produk anda bukan anda yang menyodorkan ke pembeli sehingga peluang produk anda dibeli mendekati 100% . Tentunya dengan cara pengoptimalan mesin pencari yang bagus sehingga toko online anda mudah ditemukan , contohnya lucumurah.com yang memiliki beberapa produknya berada di peringkat 1-10 mesin pencari .

7.    FB Ads

Jika menggunakan pemasaran toko online , anda dituntut untuk menguasai teknik seo dengan benar dan ini membutuhkan proses yang lumayan lama tergantung seberapa ahlinya anda dibidang tersebut . Maka dengan menggunakan FB ads , anda bisa memperoleh penjualan hanya melalui facebook namun berbayar . Metode FB ads terkenal sangat ampuh untuk mendatangkan pembeli , karena iklan anda akan ditayangkan kepada orang – orang yang telah anda pilih berdasarkan karakteristik produk anda .
cara pemasaran untuk dropshipper
contoh fb ads

Misalnya jika anda menjual baby moon walker alat bantu jalan bayi , maka target konsumen anda adalah orang tua (pria/wanita yang sudah menikah) , umur 25 tahun keatas , memiliki pekerjaan , mempunyai rekening bank , tinggal di jakarta;surabaya;bandung;semarang;medan;pontianak , memiliki anak dan lain-lain . Dengan penargetan seperti ini , calon konsumen yang melihat produk anda kemungkinan besar akan membeli karena mereka adalah konsumen yang anda bidik . Berbeda dengan memposting di grup jual beli facebook yang belum tentu orang tertarget meskipun membernya banyak . Jika anda ingin memasarkan produk melalui fb ads , sebaiknya pelajari terlebih dahulu lantaran biaya untuk iklan di facebook cukup mahal . Klik disini untuk belajar facebook ads .

Itulah 7 cara pemasaran yang bisa dilakukan oleh dropshipper untuk mendatangkan penjualan , alangkah lebih baiknya jika dropshipper tidak hanya mengandalkan situs gratis saja untuk mempromosikan produknya melainkan juga menggunakan cara berbayar . Karena situs gratis bisa saja tumbang atau bangkrut , jika sudah tumbang anda tidak punya tempat pemasaran lagi bukan ?
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
10 April 2015 at 10:12 ×

mantab sob, makasih artikelnya...

Balas
avatar
admin
12 September 2015 at 09:05 ×

FB ads boleh di coba nih mas bro , tanks banget

Balas
avatar
admin
10 February 2016 at 12:17 ×

Amazing guys , thanks yha :)

Balas
avatar
admin
11 July 2016 at 07:39 ×

Makasi gan untuk artikel nya, sangat membantu.

Nomor Cantik
http://andikanis.com

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment