6 Alasan Jangan Dropship Baju Online di Tokopedia

Bisnis dropship merupakan bisnis online paling mudah untuk dijalankan . Hanya berbekal ponsel pintar yang bisa apa saja sebut saja bisa untuk bbm-an , whatsapp atau line serta aplikasi sosial media lainnya Anda bisa langsung berjualan online tanpa harus mendatangkan stok di rumah terlebih dahulu . Selain praktis karena tidak membutuhkan biaya modal awal yang besar , bisnis dropship juga mempunyai keuntungan yang cukup besar apabila dijalankan dengan baik .

Salah satu produk yang digemari dropshipper (sebutan untuk pelaku bisnis dropship) ialah fashion .Banyak pelaku dropshipper yang memilih produk fashion karena kemudahan dalam menjual terutama kaum hawa yang suka belanja . Untuk mendapatkan suplier online untuk sekarang ini sangatlah mudah , Anda bisa mencari beberapa bahkan banyak sekali suplier online di tokopedia yang menawarkan harga grosiran namun bisa membeli dalam jumlah eceran . Entah mereka dapat untung atau tidak (red suplier online) namun yang jelas suplier dan dropshipper ibarat sebuah simbiosis mutualisme yang saling membutuhkan .

suplier baju online
suplier baju online di tokopedia

Namun anda sebaiknya mengurungkan niat untuk berdropship baju online dengan mencari suplier di tokopedia , jangan gara-gara harga murah anda dibuat malu sama suplier gara-gara pesanan tidak dikirim juga . Memang tokopedia itu aman , namun dalam hal ini bukan masalah dana yang hilang atau dicuri melainkan proses order atau bahkan produk yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan .
Berikut ini beberapa alasan jangan dropship baju online di tokopedia :

1.    Penjual atau Suplier Lambat dalam merespon pertanyaan atau order
Jualan baju online itu sangat ribet , konsumen kadang bertanya sebanyak mungkin agar tahu persis barang yang akan dibelinya . Namun karena posisi kita sebagai dropshipper yang notabene tidak stok produk sendiri , maka setiap pertanyaan konsumen yang jawabannya kita tidak tahu akan dilemparkan atau ditanyakan ulang ke suplier . Kenyataannya , suplier baju di tokopedia sangat lambat dalam merespon pertanyaan – pertanyaan calon pembeli , alhasil kita juga lambat dalam menjawab pertanyaan konsumen kita sendiri .

kecewa beli baju online di tokopedia
salah satu review yang diberikan pembeli (dropshipper)

Dan yang tak kalah parahnya adalah suplier itu juga lambat dalam memproses orderan yang masuk . Tentunya ini akan berakibat fatal apabila kita terlanjur mengorderkan pesanan dari konsumen kita lalu suplier tak kunjung mengirimkan pesanan pada hari itu juga malah diulur-ulur hingga batas waktu maksimal yang diberikan pihak tokopedia habis . Kita bakal dimarahi habis-habisan sama konsumen karena mereka berharap pesanannnya segera sampai ke rumahnya namun tak kunjung tiba lantaran paket tidak dikirim .

2.    Minim deskripsi produk
Entah mereka (suplier baju) malas atau tidak , yang jelas jarang sekali melihat penjual atau suplier baju di tokopedia yang menuliskan secara detail deskripsi produk yang dijualnya . Deskripsi detail untuk produk baju minimal ada keterangan bahan yang digunakan ,panjang baju , lingkar dada baju , panjang lengan dan sebagainya . Namun kenyataanya , para suplier itu hanya menuliskan nama produk yang dijual semisal baju gamis kaunang dengan deskripsi ukuran abstrak (size fit to L) yang notabene ukuran-ukuran seperti itu tidak bisa dijadikan patokan pasti untuk membeli baju .

minim deskripsi produk di tokopedia
minim deskripsi produk


3.    Foto produk berbeda dengan produk yang dijual
Ini juga kesalahan paling fatal yang dilakukan para suplier baju online , yakni tidak menampilkan foto asli dari produk yang dijual . Seringkali konsumen kecewa gara-gara barang yang dibelinya tidak sesuai dengan gambar . Para suplier nakal ini dengan tega menipu konsumen / dropshipper dengan menampilkan foto produk yang jelas-jelas bukan foto asli dari produk yang dijualnya . Foto produk palsu tersebut biasanya berasal dari brand fashion kenamaan , lalu suplier mengunduh foto tersebut , akan tetapi baju yang dijualnya hanya dimirip-miripkan dengan foto yang ia unduh tadi . Sungguh biadab .

foto palsu produk di tokopedia
foto produk bukan foto asli produk yang dijual

4.    Menentukan Kebijakan yang aneh
Entah posisi anda sebagai dropshipper atau konsumen langsung tentu akan sangat kesal apabila baju yang dibeli tidak sesuai yang diharapkan . Apabila terjadi hal demikian tentu kita akan komplain kepada penjualnya , entah itu mau ditukar barang atau pengembalian uang intinya adalah kesepekatan yang menyenangkan untuk kedua belah pihak . Namun , para suplier atau penjual baju online terutama di tokopedia membuat sebuah kebijakan yang terbilang ganjal . Salah satu kebijakan yang paling banyak dijumpai yakni kebijakan tidak terima pengembalian barang dalam keadaan apapun dan alasan apapun . Tentu konsumen akan kecewa apabila baju yang ia beli tidak muat dipakai , oke jika penjual telah memberikan detail ukuran secara akurat dalam metrik , nah kebanyakan hanya menulis detail size fit L besar yang tidak konkrit .

5.    Mempermainkan Orderan
Mempermainkan orderan merupakan hal yang sering dilakukan para suplier baju online di tokopedia , sasaran utama yang jelas konsumen dropshipper . Jika pembeli langsung dipermainkan orderannya tentu tidak akan begitu marah , toh barang tidak dikirim juga uang pasti kembali selagi masih tatanan sistem . Tapi tidak untuk dropshipper , jika dropshipper menerima uang transferan dari konsumennya pada hari senin maka maksimal hari selasa atau rabu barang harus dikirim . Tapi nasib buat dropshippper yang mengorder pesanan di tokopedia pada hari senin karena pemberian waktu pengiriman untuk penjual hingga 7 hari yang berarti maksimal akan jatuh pada hari senin depannya . Awal-awal kita bertanya mengenai stok , dibalas cepat sama suplier begitu kita order dan invoice sudah masuk , kita tanya kapan dikirim tidak dibalas . Begitu konsumen kita tidak sabar , kita  yang jadi bulan-bulanan konsumen . Mau dikembalikan uangnya , tapi masih dalam proses . Sungguh keterlaluan

6.    Resi Bodong
Sudah dipermainkan orderannya , dilambat-lambat prosesnya eh begitu hari terakhir buat penjual kirim barang malah diinput resi palsu . Posisi dropshipper semakin terjepit jika terjadi demikian , alasan penjual atau suplier memberikan resi palsu ya hanya untuk mengulur-ngulur waktu supaya barang yang dipesan masih bisa dikirimkan meskipun telah melebih batas waktu pengiriman . Karena penjual atau suplier baju online biasanya tidak memproduksi sendiri melainkan order ke suplier lain atau import .

Itulah 6 alasan yang seringkali kita temui apabila membeli barang dengan sistem dropship di tokopedia . Jangan sampai reputasi anda sebagai dropship hancur gara-gara tidak bisa memilih produk yang tepat . Saya sendiri tidak merekomendasikan untuk berdropship produk-produk baju , karena ya 6 alasan tadi . Jika anda berniat untuk dropship baju , alangkah lebih baiknya anda menyetok sendiri meskipun dalam jumlah sedikit . Ini akan memangkas beberapa faktor 6 diatas . Selamat berbisnis
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
1 March 2016 at 02:00 ×

Waduh, baca artikel ini qo kesannya cari suplier di Tokped jadi menakutkan ya? hehe..

Balas
avatar
admin
20 March 2016 at 10:41 ×

Justru aku malah dapet suplier dari Tokopedia, tapi transaksinya gk di Tokopedia. Lebih baik transaksi langsung ke orangnya. Tp hati2 lihat dulu penjualnya penipu atau bukan

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment