6 Alasan Jangan Buka Toko di Tokopedia

Tokopedia , salah satu platform marketplace atau toko online yang kini naik daun . Popularitas karena rajin beriklan di TV , radio serta media online menjadikan semua orang tahu akan tokopedia . Tidak hanya sebagai tempat membeli produk secara online  , namun platform ini bisa juga dimanfaatkan untuk berjualan online . Dengan sistem rekening bersamanya yang gratis , pembeli tidak perlu takut ketipu apabila penjual tidak mengirimkan barang yang dipesannya .


jangan buka toko di tokopedia

Namun , bagi Anda yang ingin memulai berjualan online , alangkah lebih baiknya untuk melupakan platform tokopedia sebagai tempat berjualan . Kenapa harus melupakan ? apakah hanya orang jawa saja yang boleh berjualan ? atau orang Kalimantan yang diperbolehkan ? semua orang Indonesia diperbolehkan untuk berjualan online di Tokopedia , namun Anda juga harus mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini agar nantinya anda tidak kaget manakala ada transaksi penjualan atau penjualan di tokopedia hanya stagnan bahkan tidak ada sama sekali meskipun sudah berdiri beberapa tahun .

Beberapa alasan berikut ini patut anda pertimbangkan manakala ingin buka toko di tokopedia . Alasan itu antara lain :

•    Anda kalah saing harga dengan kompetitor
Jika anda menjual produk yang umum atau produk tersebut banyak dijual oleh penjual lain baik dalam satu kota atau luar kota maka kompetisi harga sangatlah penting . Jika anda menjual produk yang sama namun harga yang anda tawarkan termasuk kategori paling mahal atau lebih mahal daripada kompetitor sebaiknya anda buka toko di tempat lain karena percuma saja anda jual manakala ada kompetitor yang harganya jauh lebih murah .

Umumnya para dropshipper yang biasa melakukan hal ini , memang ada kata pepatah “rejeki gak bakal ketukar” namun kata hanya terjadi perseribu transaksi alias kemungkinan ada penjualan setiap hari dari satu platform (tokopedia) sangatlah kecil karena ada persaingan harga. Masih banyak platform jualan online yang lebih seksi daripada di tokopedia .

•    Anda seorang pegawai 
Jika anda sudah punya pekerjaan mapan sebut saja PNS atau guru alangkah lebih baiknya Anda tidak rakus dalam mencari rezeki . Terimalah apa yang anda dapatkan dari gaji bulanan yang anda terima . Nominal gaji yang dituangkan dalam bentuk rupiah merupakan nilai relatif , artinya cukup atau tidaknya ya hanya diri sendiri yang tahu bukan berkaca pada tolak ukur orang lain .

Y a kenapa pegawai dilarang buka toko di tokopedia atau secara umumnya dilarang berjualan online karena akan repot nantinya apabila ada konsumen yang bertanya atau ingin memesan produk karena kita sendiri sedang bekerja . Umumnya konsumen akan membeli barang secara online atau hanya sekedar bertanya-tanya pada jam kerja . Kalau kita sendiri masih bekerja di kantor lalu kita membalas pertanyaan konsumen bukankah itu sama saja dengan menganiaya (dzalim = bahasa arab) pekerjaan kita sendiri .

•    Anda jarang online
Tak hanya masalah harga yang menjadi permasalahan utama manakala kita berjualan di tokopedia namun keaktifan pengguna juga menjadi tolak ukur  seseorang untuk membeli produk disuatu online shop . Jika anda punya produk dengan harga yang tertera termasuk paling murah (asumsi produk banyak yang jual) tapi anda jarang online maka orang akan mengesampingkan Anda . Seringkali kita melihat penjual di tokopedia itu baru aktif seminggu yang lalu , lantas apabila ada order yang masuk bagaimana nasibnya .

Namun penjual yang aktif pun belum tentu cepat dalam memproses order yang masuk atau membalas pertanyaan diskusi . Jika anda malas memproses order atau membalas pertanyaan yang dilontarkan konsumen , sebaiknya anda tidak membuka toko karena hanya akan menjadi bulan-bulanan konsumen yang marah terhadap pelayanan yang anda berikan .

•    Tidak ikhlas dalam melayani konsumen
Mungkin karena tekanan yang terjadi di lingkungan tokopedia , anda menjual produk dengan keuntungan yang sangat tipis dan anda merasa kecewa setiap kali ada order yang masuk lantas melampiaskan kekecewaan tersebut dengan cara melambatkan proses order yang masuk . Seringkali terjadi , ada online shop yang notifikasi keaktifannya hari ini namun begitu ada order yang masuk baru diproses 3 hari berikutnya atau hampir batal otomatis dan ini terjadi tidak hanya produk yang mau habis namun produk yang ready stok pun demikian . Jika anda tidak kuat bersaing harga di tokopedia , maka tidak usah ikut-ikutan jual disana kalau mengorbankan kepuasan konsumen .

Ocehan negatif konsumen pada sebuah online shop di tokopedia tidak memberikan dampak signifikan pada keberlangsungan order yang masuk pada online shop yang dicap negatif konsumen .

•    Uang tidak diterima dalam waktu sekejap
Karena bersifat escrow , yang mana uang dari pembeli harus masuk ke rekening tokopedia dan dana baru diberikan ke penjual apabila konsumen telah menerima dengan utuh dan baik barang yang dipesan melalui konfirmasi penerimaan . Maka dari itu , penjual harus memiliki perputaran uang yang bagus agar bisnisnya berjalan dengan baik . Namun , seringkali konsumen melampiaskan ketidakpuasan pelayanan penjual dengan cara mengulur-ulur waktu konfirmasi penerimaan alhasil transaksi baru bisa dikatakan selesai satu minggu kemudian sejak order masuk ke toko .

Akan lebih lama lagi waktu konfirmasi penerimaan  jika konsumen menggunakan jasa kurir pengiriman selain dari prefered logistic (jne) sebut saja TIKI / POS /WAHANA dll karena jasa pengiriman selain jne seringkali lambat dalam mengupdate no resi pengiriman . Alhasil jika konsumen menggunakan jasa pengiriman TIKI , order masuk tanggal 17 agustus dan konsumen menerima paket tanggal 22 agustus namun status resi TIKI masih proses maka dana baru masuk satu bulan kemudian kecuali konsumen klik terima pada menu pembeliannya , sangat lama bukan ?

•    Suatu saat Tokopedia berpindah haluan
Tak ada yang kekal di dunia ini , begitupun dengan tokopedia . Mungkin hari ini kita masih melihat tokopedia sebagai platform jual beli online dengan fasilitas rekening bersamanya yang gratis namun kita tidak akan tahu bagaimana nasib setahun mendatang dua tahun mendatang itu seperti apa . Kenyataan yang ada , platform marketplace di Indonesia apabila sudah berada di posisi puncak maka akan diambil alih pihak asing dan seringkali kebijakan yang diterapkan asing tidak menguntungkan pengguna asli Indonesia . Sebut saja tokobagus yang kini berubah menjadi olx , atau berniaga yang bergabung dengan olx . Semuanya telah berubah , daritadinya yang pro pengguna asli menjadi kontra karena terjadi perubahan kebijakan . Bisa saja bulan depan , tahun depan tokopedia mengubah kebijakan seperti menutup akses jual beli online karena sering terjadi penipuan halus yang dilakukan oleh onlineshopnya atau memberikan peraturan yang sangat ketat apabila ingin berjualan disana . Well, hanya Tuhan yang tahu akan masa mendatang .

Itulah 6 Alasan jangan buka toko di tokopedia . Tulisan ini dibuat karena penulis sering melihat kenyataan di lapangan bahwasanya buka toko di tokopedia tak semudah membukanya . Buka toko disana mudah dan gratis , namun sulit untuk bisa bertahan apabila anda punya kriteria seperti diatas . Masih banyak platform lain yang bisa dijadikan sebagai tempat jualan online .
Previous
Next Post »

13 comments

Click here for comments
24 March 2016 at 10:06 ×

- Kita harus lebih creative
- Jangan iri sama PNS yang bisa dagang online karena berkat teknologi semua ada digenggaman
- Jadilah anda menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan jangan sering berkeluh-kesah dengan menyalahkan orang lain atau pihak lain

Balas
avatar
admin
Anonymous
30 March 2016 at 23:45 ×

GA PUNYA BARANG MAU JUALAN ...... BISA
BISA BISA MALAH BOHONGI ORANG ( NIPU )
1 BARANG PASTI TIDAK SAMA DENGAN YG DI JUAL ( GAMBAR ) APA INI BUKAN NIPU
2 BILANG HARI INI BISA DI KIRIM , MALAH DI KIRIM 2 HARI KEMUDIAN APA INI BUKAN NIPU
DLL

Balas
avatar
admin
Anonymous
3 April 2016 at 01:31 ×

EMANG GBR IKLAN KF* ATAU MC D*NA*D SAMA DGN HASIL YG DIBELI,... GAMBAR BAGUS TP SETELAH DIBELI BEDA.. KALO INI NIPU GA.. BELINYA GA ONLINE LHOOO..

Balas
avatar
admin
5 July 2016 at 15:05 ×

makasi mas atas infonya

Nomor Cantik
http://AndikAnis.com

Balas
avatar
admin
12 July 2016 at 14:25 ×

yang buat artikel, apakah sudah coba berjualan di tokopedia? cuma nanya saja, saya penjual buku di tokopedia, sampai dengan saat ini hasilnya alhamdulillah.

Balas
avatar
admin
Anonymous
13 July 2016 at 11:21 ×

Ini cuma Penilaian / Opini penulis.

Balas
avatar
admin
Anonymous
19 July 2016 at 16:52 ×

Hallo,
itu yang ngurusin fanpage di fb umur berapa ya?
kalo 17 th ya pantes
pakenya kata serba kamu kamu kamu
padahal yang dihadapin kebanyakan orang2 dewasa
apa iya pantas pake kata kamu
gak sopan itu namanya

Balas
avatar
admin
18 August 2016 at 18:22 ×

masih bingung sama peraturan tokoped yang ini : Produk non fisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir, termasuk namun tidak terbatas pada produk pulsa/voucher (i) telepon, (ii) listrik, (iii) game, (iv) credit digital

Rencana mau buka toko di toped jualan voucher elektrik. Voucher elektrik ini memang tidk memakai jsa pengirim barang, soalnya voucher elektri langsung masuk ke no tujuan. Kalau cuma voucher di kirim pke jasa pengiriman yang barangnya cuma kertas kn buang biaya. Kalau di larang tp masih banyak voucher yang beredar di tokopedia

Balas
avatar
admin
3 September 2016 at 02:40 ×

Pengalaman saya memang sesuai dengan yang ditulis diatas, selain itu saya hendak menambahkan bahwa dengan margin keuntungan yang tipis karena persaigan, kita juga harus hati hati menentukan berat barang kiriman, jika lewat jas POS sering terjadi ada perbedaan tarif kiriman di tokopedia dengan di kantor POS pertama karena kantor POS menggunakan hitungan gram, jika kemasan kita lebih berat maka kita bisa nombok di ongkir, kedua hitungan tarif POS di tokopedia belum termasuk pajak, klo ke kantor pos, kita kena pajak lagi.

Balas
avatar
admin
Anonymous
26 September 2016 at 08:25 ×

ente pns? jangan rakus boss tinggal kerja aja yg bener udah banyak duit buka toko.kan dpt duit pensiun

Balas
avatar
admin
30 December 2016 at 06:39 ×

Kacau yang buat artikel. Aneh banget bacanya dari atas ampe bawah. Lgi. Belajar nulis kali. Ya


Kalo mau buka mah buka aja gan.. Ane soerang pekerja duLu sampinganya tokopedia. Setelah 2 bulan ane berhenti kerja dan focus di tokopedia. Alhamdulilah sampe. Sekarang sudah bisa ke. Beli mobil gan. Ane buktinya gan

Kalo agan ngarep. Kerja cuma gaji pas2an. Kapan agan pengen kayanya 30 tahun jga gitu2 aja.

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment