Setelah Lulus Kuliah , Kerja Dulu atau Langsung Wirausaha ?

Masa - masa kuliah atau sekolah merupakan masa - masa yang menyenangkan karena bertemu dengan banyak teman serta menjalani kehidupan yang tidak terlalu berat . Apalagi dengan banyaknya beasiswa yang diberikan Pemerintah kepada pelajar / mahasiswa yang berprestasi atau kurang mampu bisa menjadi keringanan lantaran kita tidak perlu lagi dipusingkan dengan biaya perkuliahan . Namun , masalah akan timbul manakala kita telah usai kuliah atau sekolah , banyak yang bertanya " setelah lulus S1 atau SMA/SMK enaknya kerja dulu atau langsung buka usaha ya ?" .


Pertanyaan itu merupakan pertanyaan yang sering saya dengar dari teman-teman saya yang baru-baru ini lulus sarjana . Saya sendiri tidak menempuh pendidikan tinggi , karena sehabis SMA saya langsung bekerja walaupun cuma sebentar dan akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia online shop karena disitulah saya merasa nyaman dengan apa yang saya geluti . Nah , kali ini akan saya jabarkan bagaimana memilih salah satu dari dua pilihan diatas , yaitu bekerja terlebih dahulu atau langsung berwirausaha . Penjambaran ini berlaku bagi adik-adik yang baru lulus SMA/SMK , tidak hanya untuk lulusan perguruan tinggi .

Peluang 1 . Kerja terlebih dahulu
Memang , tujuan kuliah ataupun sekolah bagi kebanyakan orang tak lain ialah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik (baik dari segi gaji,baik dari segi tenaga/pikiran) . Jika anda dari awal berniat demikian , maka sehabis lulus kuliah atau lulus SMK langsung saja melamar kerja di Perusahaan . Dengan bekerja anda akan mendapatkan teman atau relasi yang mungkin suatu saat bisa membantu Anda dalam menjalani kehidupan yang serba sulit seperti sekarang ini . Selain itu , gaji yang Anda terima bisa disisihkan sebagian untuk ditabung manakala dikemudian hari perusahaan yang telah mempekerjakan Anda tiba-tiba bangkrut sehingga Anda mempunyai dana apabila terjadi hal-hal buruk menimpa .

Peluang 2 : Berwirausaha langsung
Jika anda telah melamar pekerjaan namun tak kunjung diterima dalam jangka 3-5 bulan , maka sebaiknya Anda beralih ke dunia bisnis . Mengapa berbisnis ? karena semakin anda menunggu panggilan kerja yang tak kunjung tiba , anda akan stres . Stres tak kunjung dapat duit padahal sudah lulus kuliah , stres kena cibiran tetangga , stres karena orang tua kecewa dll . Dengan membuka usaha entah itu jualan pulsa , jualan online , atau jualan apa saja yang penting halal setidaknya memberikan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan uang daripada melamar pekerjaan yang tak kunjung datang . Jangan jadikan modal sebagai penghambat , modal bisa datang darimana saja dan tidak selalu berwujud dalam uang , modal bisa saja ketrampilan yang kita miliki atau jika memang membutuhkan modal uang , Anda bisa menjual barang-barang bekas yang tak dipakai . Daripada menumpuk barang bekas cuma mengotori rumah , lebih baik dijual dan dapat uang , bukan ?
Selain itu , pilihlah bisnis atau usaha yang bisa mendatangkan uang secara langsung misalnya jualan online , jual makanan , jualan pulsa dsb. Maksudnya , anda membuka usaha hari ini , setidaknya esok hari atau lusa anda sudah bisa mendapatkan uang . Hindari bisnis semacam afiliasi online , bisnis adsense , youtuber karena itu sifatnya gajian dan membutuhkan ketrampilan marketing yang bagus serta uang yang cukup banyak .

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
26 June 2016 at 03:48 ×

Terimakasih infonya..

Selamat Dy Dac dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment