Akun Instagram Online Shop Sebaiknya Dikunci atau Publik ?

Sudahkan anda menggunakan Instagram untuk berjualan online atau sekedar menguatkan brand produk Anda ? jika sudah , maka Anda termasuk orang yang selangkah lebih maju dari kompetitor Anda dan jika belum segeralah membuat akun Instagram sekarang juga .

Instagram merupakan sosial media yang lagi ngetren di tanah air , banyak kawula muda hingga orang tua memiliki satu akun instagram . Dengan desain yang simpel dan tidak banyak iklan berseliweran seperti halnya facebook , Instagram dicintai oleh masyarakat kita . Apalagi banyaknya artis atau publik figur yang menggunakan media sosial ini sehingga para fans sejatinya juga ikut-ikutan menggunakan instagram guna mendapatkan informasi terbaru dari sang idola .

jualan online instagram
akun instagram publik

Tren penggunaan media sosial mulai bergeser kearah bisnis , jika dulu orang menggunakan media sosial seperti facebook , friendster untuk mencari teman yang jauh jaraknya kini media sosial bisa juga untuk mendulang rupiah tak terkecuali instagram . Akun online shop instagram kini bermunculan dari yang 0 follower hingga ratusan ribu follower ada . Tapi pernahkan anda mencermati akun - akun online shop tersebut menerapkan privasi (akun digembok) ? Bagi anda yang sudah mempunyai akun online shop ataupun yang belum tentu kepikiran sebaiknya akun instagram digembok atau dibiarkan terbuka ? Saya akan membuat ulasan dari keduanya baik dari segi kelebihan dan kekuranganya .

Kelebihan Akun Online shop digembok
Mungkin dengan akun digembok orang-orang yang tertarik dengan produk yang kita jual akan meminta untuk mengikuti atau bahasa inggrisnya follow request (FR) . Tentu hal ini sangat baik karena jumlah follower akun anda akan meningkat setiap harinya . Dengan pertambahan follower setiap hari tentu peluang untuk mendapatkan penjualan yang meningkat . Apalagi jika anda mengikuti kegiatan SFS atau paid keroyok tentu berkewajiban untuk menggembok akun walaupun anda tidak tahu tujuannya selain daripada jumlah FR yang semakin bertambah .

Kekurangan Akun Online shop digembok
Di dunia ini tentu ada kekurangan juga ada kelebihan , nah kekurangan dari akun online shop digembok (kalau saya menyebutnya bukan kekurangan melainkan merugikan) ialah konsumen-konsumen yang tadi meminta follow request bisa jadi menjadi pelanggan kabur karena anda terlalu lama mengkonfirmasi untuk mengikuti . Selain itu , konsumen sekarang juga enggan apabila harus FR dan juga hastag hastag yang diberikan pada setiap postingan tidak akan muncul pada hasil pencarian karena akun kita tertutup . Ada yang bilang "Tokonya digembok berarti tokonya  tutup , gak niat jualan" .

Kelebihan Akun online shop publik
akun online shop publik itu akun instagram yang tidak dikunci . Cara ini merupakan cara yang bijak apabila anda ingin bertahan di dunia instagram . Dengan menjadikannya akun publik , peluang untuk mendapatkan penjualan jauh lebih besar daripada akun privat meskipun nilai followernya kecil . Orang-orang yang membeli produk Anda belum tentu mengikuti akun olshop , jika mereka (konsumen) tertarik pada saat itu maka akan menghubungi via kontak tidak peduli nama atau akun olshop siapa yang penting pelayanannya cepat dan tidak digembok .

Kekurangan akun online shop publik
Bagi akun online shop yang tidak ikut SFS atau Paid keroyok saya rasa tidak akan merasa rugi toh penjualan itu sifatnya fluktuatif , lainnya halnya jika kita ikutan SFS atau paid keroyok akun kita tidak digembok maka bisa dikatakan ada yang kurang . Kenapa ? karena ikut program SFS/PK seperti itu membutuhkan dana dan niatannya untuk meningkatkan follower apabila akun publik orang dengan mudah melihat produk tanpa harus mengikuti terlebih dahulu . Jadi jika kita mengikuti program SFS/PK akun tidak diprivat kemungkinan jumlah follower naik sangat sedikit dan penjualan juga akan biasa saja .

Nah , sekarang Anda tahu bukan kelebihan dan kekurangan dari akun instagram privat dan publik . Semuanya memiliki karakteristik tersendiri namun untuk kegiatan bisnis alangkah lebih baiknya akun tersebut bersifat publik .


Previous
Next Post »
Thanks for your comment